3 T Kunci Berprestasi di Sekolah

Menjadi siswa berprestasi di sekolah merupakan dambaan setiap orang. Dapat dipastikan tak seorang pun yang tidak menginginkan nilai tinggi dalam ulangan. Dan setiap nilai yang tertera dalam raport harus melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Prestasi di sekolah bukan hanya mencakup pada mata pelajaran saja yang bersifat akademik tetapi ada juga yang bersifat non akademik, seperti kesenian dan olahraga. Namun jika tidak mengetahui kuncinya, pencapaian prestasi akan sulit diraih. Bahkan, tak menutup kemungkinan prestasi tersebut tidak dapat diraihnya. Adapun kunci yang bisa digunakan untuk meraih prestasi adalah 3T. Apa yang dimaksud dengan 3T? 3T adalah Tekun, Teliti dan Terampil.
Tekun, merupakan kunci yang pertama. memiliki arti, tekun (rajin) dalam belajar. Kegiatan belajar yang dilakukan tidak hanya terbatas dan terpaku di sekolah. Diluar itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggiatkan diri dalam belajar. Bagi yang orang tuanya mampu, bisa mendaftarkan diri untuk bergabung ke bimbingan belajar dan mencari guru les privat. Namun, bagi siswa yang tingkat ekonomi orang tuanya rendah, bisa memanfaatkan kelompok belajar. Terpenting adalah ada tambahan waktu yang digunakan secara rutin untuk kegiatan belajar.
Siswa yang bijak, akan membagi waktunya secara adil. Waktu itu akan dibagi menjadi tiga bagian. Ada waktunya untuk belajar, waktu untuk bermain, dan waktu untuk beribadah. Pembagian waktu secara merata dapat menghindarkan diri dari kejenuhan. Karena sifat kejenuhan ini bisa merusak tekunnya dalam belajar. Sebagai contoh: Si A belajar dari pagi sampai sore hari, setelah magrib dilanjut lagi kegiatan belajar tersebut sampai akhirnya tertidur pada meja belajar. Pada awalnya mungkin saja nyaman dalam menjalankannya. Namun, jika rutinitas itu tidak diimbangi dengan bermain dan beribadah. Lama-kelamaan dengan sendirinya akan menemukan titik kejenuhan.
Tekun, bukan berarti mengabaikan haknya sebagai anak. Tetapi, dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Jika ada waktu senggang, waktu tersebut digunakan untuk belajar, misalnya membaca buku, mengerjakan tugas, mempelajari hal-hal yang belum dipahami, dan sebagainya. Intinya, tak ada waktu yang terbuang secara sia-sia. Karena waktu sangat berharga dan tak akan pernah kembali.
Teliti, merupakan Kunci T yang kedua. Kunci ini didefinisikan sebagai suatu cara yang dilakukan oleh seseorang secara berhati-hati, agar tidak melakukan kesalahan. Fungsi kunci T kedua ini dapat diaplikasikan oleh siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru. Kerap ketelitian ini menjadi hal terabaikan. Tak sedikit dari mereka yang membaca soal secara sepintas, tanpa memahami terlebih dahulu arahnya kemana dari soal yang ditanyakan. Padahal, jika ditelaah ketelitian ini merupakan langkah awal untuk bisa mengerjakan soal dengan baik dan benar.
Ketelitian dapat dilatih dengan cara membiasakan diri untuk tidak tergesa-gesa. Hal ini berarti siswa harus memiliki kesabaran. Sabar ketika melihat siswa lain telah selesai mengerjakan soal dan mengumpulkannya ke guru. Padahal waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal masih banyak. Kasus ini seringkali terjadi dan membuat siswa lain terganggu konsentrasinya. Nah, disinilah perannya kesabaran. Kalau siswa tidak sabar dan konsentrasinya terganggu, akan menimbulkan hilangnya ketelitian.
Sedangkan Terampil merupakan kunci T yang ketiga. Kunci ini didasari oleh kunci T yang pertama dan kedua. Dengan tekunnya dalam belajar dan teliti dalam membaca soal, maka akan terwujud terampil dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal tersebut. Kunci ini merupakan kunci T paling terakhir. Karena tercapai atau tidaknya prestasi di sekolah tergantung dari sikap terampil ini.
Terampil adalah cakap dalam menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Tugas (soal) yang diberikan oleh guru baik dalam bentuk tes lisan maupun tulisan akan mampu dikerjakan apabila siswa terampil. Maka dari itu kunci T yang ketiga ini harus benar-benar dilatih melalui kunci T yang pertama dan kedua.
Dengan menguasai ketiga kunci T ini, diharapkan semua siswa akan meraih prestasinya di sekolah. Baik prestasi yang bersifat akademik maupun non akademik. Semoga.

Artikel Terkait

3 T Kunci Berprestasi di Sekolah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...