Perlunya Melatih Sikap Tanggung Jawab Sejak Dini

Setiap segala sesuatu, baik maupun buruk pasti dimintai pertanggung jawabannya. Menciptakan dan menumbuhkan sikap tanggung jawab yang dapat melekat kuat pada diri sendiri bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, sikap tanggung jawab ini harus dilatih sejak dini. Mengapa harus dilatih sejak dini?
Masa dini merupakan masa keemasan anak. Dimana pada masa ini, anak selalu meniru tingkah laku dan gaya orang dew@sa dan di masa ini pula daya ingat anak sangat kuat dan tajam. Masa yang begitu berharga ini dapat dimanfaatkan atau diisi oleh hal positif, termasuk melatih sikap tanggung jawab.
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk melatih sikap tanggung jawab tersebut adalah melalui kedisiplinan. Pelatihan disiplin tidak sama halnya dengan latihan kedisiplinan pada militer.
Melainkan dengan cara menerapkan kebiasaan, misalnya menjaga diri sendiri. Setiap hari mandi dua kali sehari, menggosok gigi, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
Selain itu, contoh lain dalam tanggung jawab menjaga diri sendiri adalah menghindarkan diri dari perilaku atau tindakan seseorang yang dapat merugikan. Seperti halnya kasus JIS (Jakarta International School) dan kasus Emon yang sedang menjadi buah bibir saat ini. Kedua kasus tersebut sama-sama tentang pelecehan seksual bagi anak di bawah umur.
Pelecehan seksual yang dilakukan oleh seseorang, akan berdampak negatif bagi kelangsungan hidup si korban, terutama pada mental dan emosional. Bahkan tak menutup kemungkinan penyakit yang diderita si pelaku akan tertular. Dan si korban pun bisa melakukan hal serupa seperti yang dilakukan oleh pelaku di kemudian hari.
Tentunya kita tak mau hal itu terjadi pada anak atau keluarga kita. Oleh karena itu, sikap tanggung jawab bisa kita latih sejak dini mulai dari menjaga diri sendiri. Dengan cara memperkenalkan betapa berharganya semua yang ada pada diri sendiri. Dan apabila ada seseorang yang mau melukai kita. Katakan tidak untuk menolaknya dan berlari menjauhi orang tersebut.
Mengapa sikap tanggung jawab ini penting untuk dilatih? Jawabannya karena seringkali sikap tanggung jawab menjadi hal yang dilalaikan. Selain kasus pelecehan seksual di atas, coba tengok saja kasus korupsi yang telah membumi di negeri ini. Kasus tersebut seolah lumrah terjadi dan bukan lagi merupakan rahasia umum.
Apabila dianalisis secara seksama, tindakan korupsi ini dilatar belakangi oleh tipis atau hilangnya sikap tanggung jawab pada seseorang. Dengan hilangnya sikap ini, tindakan yang dilakukan bisa melanggar norma dan etika yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Dengan begitu, sikap tanggung jawab ini dirasa perlu dilatih dan ditanamkan sejak dini. Agar mereka semua terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan dan apabila kelak telah menjadi dew@sa. Mereka paham mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari. Sehingga, mereka benar-benar menjadi manusia yang bisa bertanggung jawab. Semoga…
(Ditulis : 8 Mei 2014)

Artikel Terkait

Perlunya Melatih Sikap Tanggung Jawab Sejak Dini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...