HP Sebagai Media Pembelajaran

loading...
loading...
Handphone (HP) bukan lagi barang mewah dan hampir semua orang telah memilikinya, termasuk peserta didik. Mereka beranggapan bahwa HP merupakan teman setia bagi pemiliknya. Keberadaan HP dapat memberikan pengaruh positif dan pengaruh negatif terhadap perkembangan kepribadian peserta didik.
Pengaruh positif terhadap peserta didik yang diakibatkan oleh HP yang telah didesain dan dilengkapi berbagai fitur canggih di dalamnya, diantaranya : pertama, peserta didik mampu melatih keterampilan berbahasa dengan cara berkomunikasi melalui jejaring sosial yang ada di dalamnya, baik itu melalui facebook, twitter, whatsapp, line, dan jejaring sosial lainnya.
Disadari atau pun tidak, ketika si anak sedang melakukan komunikasi dengan lawan chatingnya, berarti si anak tersebut sedang belajar keterampilan berbahasa. Meskipun gaya bahasa yang digunakan bukan bahasa yang benar, artinya bahasa yang digunakan bukan bahasa yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), melainkan bahasa yang baik, dalam artian bahasa yang digunakan tersebut mampu diterima oleh lawan chatingnya.
Kedua, HP bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Hal ini sesuai dengan sistem kurikulum 2013, dimana peserta didik dituntut untuk aktif dan terlibat secara langsung dalam proses pemecahan masalah. Jenis HP yang dimiliki oleh peserta didik kebanyakannya telah mampu mengakses internet.
Melalui internet tersebut mereka mencari solusi untuk menjawab persoalan-persoalan yang diberikan oleh guru, dan mengumpulkan berbagai sumber yang relevan sebagai bentuk pemecahan masalah. Dengan terlibat secara langsung, biasanya peserta didik mampu mengingat dan memahami materi tersebut lebih lama dibandingkan dengan hanya guru yang aktif dan tinggal mentransfer pengetahuan kepada siswanya.
Ketiga, mempermudah komunikasi. Peserta didik yang mempunyai HP, bisa berkomunikasi bersama orang tua atau pihak keluarganya. Apabila kegiatan di sekolah sudah selesai, mereka tinggal menelepon atau SMS agar segera dijemput ke sekolahnya, sehingga penggunaan waktu sangat efisien tanpa harus menunggu lama. 
loading...

Artikel Terkait

HP Sebagai Media Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!