Jonatan Christie, Atlet Muda dan Ganteng Cabang Badminton Indonesia

Nadi Guru - Jonatan Christie, merupakan atlet muda pada cabang olahraga badminton di Indonesia. Lahir pada tanggal 15 September 1997 di Jakarta, dari pasangan Andreas Adi Siswa dan Marlanti Djaja. Dengan tinggi badan 1,79 meter.
Jonatan Christie : Atlet Muda Badminton Indonesia

Meskipun usinya masih 18 tahun, nampaknya Ia bakal bisa membangkitkan kembali dunia badminton di Indonesia yang belakangan ini terlihat lesu atau kurang bergairah. Pasalnya, selain masih muda dan ganteng, Ia juga sudah banyak memperlihatkan prestasinya. Sehingga, kini Ia dianggap sebagai pemain badminton masa depan Indonesia.

Prestasi yang pernah diraih :
1.      Kejuaraan Daerah DKI Jakarta 2008
2.      Juara I  pada ajang Kejuaraan Yunior Asia U-15 (di bawah usia 15)  yang berlangsung di Ichiba, Jepang 2010
3.      Runner-up  pada ajang Djarum Sirkuit Nasional Bali Open 2012
4.      Juara ASEAN School 2013
5.      Juara  I di Indonesia International Challenge (IIC), Juli 2013.
Pada ajang Indonesia International Challenge, Jonatan Christie mampu mengalahkan pemain berpengalaman Alamsyah Yunus, yang usianya 11 tahun lebih tua darinya. Tentu hal tersebut merupakan prestasi yang sangat baik.
6.      Pada tahun 2014, di turnamen Indonesia International Challenge, ia juga mencapai final namun kalah dari pemain veteran Korea Selatan Lee Hyun-il dalam pertandingan 5 set, 10-11, 11-9, 11-5, 8-11, 3-11.

Berdasarkan kariernya, Jonatan Christie langsung memiliki kenaikan rangking dunia yang signifikan. Kenaikan rangking ini karena Ia memberikan kejutan yaitu lolosnya ke babak perempat final turnamen BCA Indonesia Open Super Series Premier tahun 2015.
Padahal dalam turnamen kelas SSP yang baru pertama kali diikutinya ini, Jonatan Christie harus berjuang dari babak kualifikasi. Hasil di turnamen Indonesia Open tahun ini membuat peringkat pemain yang kerap disapa Jojo ini melejit ke peringkat 37 dunia, naik 16 peringkat. Hal ini berdasarkan peringkat baru yang pernah dirilis oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).
Kenaikan rangking Jonatan Christie merupakan yang paling cepat di antara para pemain lainnya di jajaran 50 besar dunia. Di sektor tunggal putra, peringkat pemain Indonesia tertinggi masih dipegang Tommy Sugiarto di peringkat 15 dunia. Kemudian Dionysius Hayom Rumbaka yang berada di peringkat 21 dunia. Jonatan Christie di peringkat 37 dunia, Andre Kurniawan Tedjono di 38 dunia, dan Firman Abdul Kholik di peringkat 59 dunia.
Sementara, Ihsan Maulana M. berada di peringkat 76 dunia dan perempat finalis Indonesia Open 2015 lainnya, Anthony Sinisuka Ginting berada di peringkat 100 dunia, naik 66 peringkat dari turnamen Indonesia Open.

Source :
www.plimbi.com
www.republika.co.id

Artikel Terkait

Jonatan Christie, Atlet Muda dan Ganteng Cabang Badminton Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...