Kurtilas, Ajaran Baru, dan Ramadhan

Mengutip dari Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (19) Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurtilas merupakan akronim dari kurikulum 2013. Setelah dilakukannya uji joba di beberapa sekolah sasaran, sudah saatnya kini kurtilas untuk diberlakukan. Pengembangan Kurikulum ini merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Secara menyeluruh pemberlakuan kurtilas akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2014/2015 mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah untuk kelas I, II, IV, V, VII, VIII, X, dan kelas XI.
Hari Senin, tanggal 14 Juli 2014 adalah waktu yang ditentukan oleh pemerintah secara serentak sebagai awal tahun ajaran baru. Waktu itu bertepatan dengan pertengahan bulan suci ramadhan 1435 H. Bulan yang diyakini oleh seluruh umat muslim sebagai bulan yang penuh keberkahan, karena pintu kebaikan akan dimudahkan oleh Alloh SWT. Selain itu, bagi umat muslim yang menjalankannya akan mendapatkan pengampunan dosa.
Di dalam bulan suci ramadhan juga terdapat malam lailatul qadar, yaitu suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Tentunya sebagai seorang muslim sejati, tidak akan melewatkan momentum berharga ini untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Lalu apakah hubungannya bulan suci ramadhan ini dengan kurtilas dan tahun ajaran baru?
Hubungannya sangat jelas sekali, bahwa dengan diberlakukannya kurtilas di tahun ajaran baru 2014/2015 ini yang kebetulan bertepatan dengan pertengahan bulan suci ramadhan. Memunculkan harapan baru bagi semua pelaku di dunia pendidikan. Harapan itu tiada lain adalah terwujudnya sebuah Kurikulum yang tepat dan bisa diimplementasikan dengan seimbang antara ilmu dan laku.
Menjadi suatu keharusan bagi semua warga sekolah untuk menyambut ajaran baru kali ini dengan penuh kegembiraan. Khususnya bagi peserta didik yang baru saja naik tingkat dari jenjang pendidikan dasar ke jenjang menengah pertama dan dari jenjang menengah pertama ke jenjang menengah atas. Mengapa demikian? Karena sebelumnya mereka dengan sabar melakukan pendaftaran ke sekolah yang diminatinya, meskipun harus mengorbankan waktunya untuk munggahan.
Namun, pengorbanan mereka tidaklah sia-sia. Melainkan membuahkan hasil yang diharapkan, yaitu bisa diterima di sekolah yang diinginkan. Meski tidak sedikit dari mereka yang harus mencabut kembali berkas pendaftaran dan mengalihkannya ke sekolah pilihan kedua karena nilai akhirnya tidak memenuhi passing grade.
Semua itu adalah proses, dimana orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi hanya semata-mata untuk masa depan anaknya menjadi lebih baik. Kini, mereka telah berhasil lulus ujiannya menjadi siswa yang harus beradaptasi di sekolah yang baru dengan situasi baru dan tentunya harus pula disertai dengan pola pikir yang baru.
Sesungguhnya pemberlakuan kurtilas di tahun ajaran baru kali ini merupakan langkah tepat dari pemerintah. Penerapannya yang bertujuan untuk mendorong dan menginspirasi siswa agar mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
Tentunya, selain itu juga pemberlakuan kurtilas secara menyeluruh di semua sekolah yang bertepatan dengan pertengahan bulan suci ramadhan. Diharapkan akan mendapatkan keberkahan dan mendapat ridho dari Alloh SWT. Sehingga, mutu pendidikan di Indonesia semakin meningkat dengan hasil lulusan yang mampu bersaing dalam pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude).

Ket : Tulisan ini dibuat tanggal 11 Juli 2014

Artikel Terkait

Kurtilas, Ajaran Baru, dan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...