Waspada Bencana Banjir

loading...
loading...
Pada musim hujan, bencana banjir hampir melanda semua daerah di wilayah Indonesia. Sejatinya, persoalan banjir dari dulu hingga sekarang belum juga ditemukan solusinya. Faktanya, seringkali ketika musim hujan tiba, bencana banjir langsung datang melanda. Akibatnya, tak sedikit kerugian materi yang harus ditanggung oleh masyarakat. Bahkan lebih dari itu, bencana tersebut bisa menimbulkan korban jiwa. Dengan demikian, harus menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah dan masyarakat, termasuk para guru di sekolah.
Pada dasarnya, tugas guru di sekolah adalah mengajar dan mendidik. Melalui tugas ini, diharapkan bisa memberikan dampak terhadap kehidupan masyarakat. Fenomena banjir yang seringkali terjadi, harus menjadi fokus pembelajaran guru terhadap siswa. Untuk mengajarkan bagaimana upaya yang perlu dilakukan dalam mewaspadai terjadinya bencana banjir.
Segala bencana yang terjadi adalah takdir dari Alloh SWT. Namun, semua itu tak pernah lepas dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab sebagai penghuninya. Kebiasaan membuang sampah sembarangan dan menjadikan daerah resapan air sebagai pemukiman warga, serta pembuatan lahan industri merupakan contoh ulah manusia yang bisa menyebabkan bencana banjir. Dengan begitu, mengajari siswa di sekolah dalam mewaspadai bencana banjir menjadi suatu keharusan untuk dilaksanakan.
Sebenarnya, setiap orang hafal betul tentang slogan “Buanglah Sampah pada Tempatnya”. Di dinding sekolah maupun di dalam kelas, slogan itu selalu terpangpang dengan jelas. Tapi, seringkali sampah itu masih dengan mudahnya ditemukan bukan pada tempatnya, baik di dalam kelas ataupun di lingkungan sekitar sekolah. Selain itu, di tempat umum pun kejadian serupa bisa kita temukan dengan mudahnya. Hal itu berarti, hanya sedikit yang bisa mengamalkan makna dari slogan tersebut karena kurangnya kesadaran diri seseorang.
Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengajarkan siswa mewaspadai bencana banjir adalah menumbuhkan kesadaran pada diri siswa. Dengan terbentuknya siswa yang sadar akan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh bencana banjir dan siswa memahami faktor apa saja yang bisa menimbulkan banjir. Menjadi modal besar untuk perlahan-lahan menanggulangi bencana banjir di masa akan datang.
Pasalnya, siswa yang saat ini sedang menimba ilmu di sekolah merupakan generasi penerus yang akan menentukan dan menjalani kehidupan kelak. Dengan kondisi lingkungan yang seperti bagaimana, apakah nantinya akan menempati lingkungan yang rawan banjir atau aman dari banjir? Tentunya, hal tersebut bisa tergambarkan melalui perilaku siswa saat ini dalam menghargai lingkungannya.
Menurut hemat penulis, sungguh luar biasa apabila ada pemerintah daerah yang mengintruksikan kepada seluruh sekolah, khususnya bagi yang berdomisili di daerah rawan banjir. Untuk melakukan gerakan anti banjir, dengan mewajibkan semua warga sekolahnya peduli terhadap lingkungan. Misalnya, satu bulan dua kali melakukan sweeping sampah di lingkungan pemukiman dan daerah yang selalu dijadikan pembuangan sampah liar seperti sungai dan selokan. Gerakan ini, bisa menjadi pembelajaran nyata dan bermakna bagi siswa sehingga diharapkan ke depannya negeri ini bisa terbebas dari bencana banjir. Semoga...
loading...

Artikel Terkait

Waspada Bencana Banjir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!