Penggugatan Terhadap Kinerja Profesor

loading...
loading...
professor
NadiGuru-Pada acara Seminar Nasional Keprofesoran yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, di Jakarta, Kamis (29/10/2015). Terkuak jika jumlah profesor di negara kita terlalu sedikit. Itu juga sebagiannya dinilai masih kurang berkualitas dan tidak produktif.
Tak ada yang perlu dibantah karena ketiga masalah di atas memang kenyataan yang terjadi di Indonesia. Tetapi, masalah sebenarnya adalah masalah kedua dan ketiga. Jika masalah yang pertam, tentang minimnya jumlah professor. Dapat dengan mudah diatasi, misalnya dengan melalui instruksi presiden yang meminta agar diangkat lagi sejumlah profesor sehingga rasio antara jumlah program studi dan jumlah profesor menjadi lebih tinggi.
Bagaimana Caranya? Tentu dengan menurunkan persyaratan menjadi profesor. Namun, apakah cara ini akan menyelesaikan ketiga masalah? Apakah syarat profesor di negara ini sangat sulit sehingga jumlahnya menjadi minim?
Apabila dibandingkan dengan negara maju, seperti Jepang, Jerman, dan Amerika. Secara umum syarat untuk menjadi profesor di Indonesia terlalu mudah. Jangankan dengan Singapura, dibandingkan dengan Malaysia saja syarat profesor kita masih terlalu lunak.
Syarat untuk bisa menjadi profesor penuh, minimal harus memiliki 20 makalah ilmiah yang ditulis di jurnal internasional berfaktor dampak (ISI impact factor). Masih ada embel-embel lain, yaitu minimal dalam 10 makalah ilmiah sang calon profesor harus sebagai corresponding author dan sang calon harus memiliki indeks-h minimal 12.
Belakangan, nilai ini dikoreksi menjadi sekitar 7 karena kolega mereka dari ilmu sosial sulit mendapatkan indeks-h 12 tersebut. Masih ada tambahan lain, seperti harus memperoleh dana hibah dengan jumlah minimal tertentu, serta untuk bidang yang relevan harus ada bukti kerja sama dengan industri. Lebih memberatkan lagi adalah kenyataan bahwa jumlah profesor di satu universitas ditentukan ketersediaan dana universitas tersebut.

Source : kompas.com
loading...

Artikel Terkait

Penggugatan Terhadap Kinerja Profesor
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!