Pentingnya Tunjangan Khusus Gurdacil

NadiGuru-Tidak semua calon guru maupun guru, bersedia diangkat dan ditugaskan di daerah terpencil. Kebanyakannya, memilih untuk bertugas di daerah perkotaan yang fasilitasnya serba ada. Terkadang, daerah terpencil hanya sebatas dijadikan sebagai jalan untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Setelah diangkat, tak sedikit dari mereka yang mengajukan pindah lokasi tugas ke daerah asalnya sendiri. Oleh karena itu, pentingnya tunjangan khusus diberikan kepada gurdacil agar mereka bisa menetap dan sepenuh hati bertugas di daerah tersebut.
Gurdacil adalah sebutan bagi guru yang bertugas di daerah terpencil. Keberadaannya harus mendapat perhatian yang serius dari pemerintah pusat maupun daerah dengan memberikan apresiasi yang sesuai dengan beban tugasnya. Tantangan yang akan dihadapi di daerah terpencil, pastinya berbeda dengan tantangan yang berada di daerah perkotaan. Mulai dari letak geografis sekolah, kehidupan masyarakat, dan karakteristik peserta didiknya.
Pemberian tunjangan khusus bagi gurdacil, disambut baik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal ini seperti yang dilansir dari Republika (17/02/2015), Kemendikbud memberi dukungan penuh kepada daerah yang memberikan tunjangan lebih bagi guru. Pasalnya, hal tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi gurdacil. Dengan harapan, kesejahteraan itu akan bertimbal balik terhadap kinerja yang lebih baik tanpa berfikir untuk secepatnya pulang ke kampung halaman bagi gurdacil pendatang.
Menurut Purwadi Sutanto, sebagai Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK), terdapat dua peraturan yang dirancang untuk mengatur penempatan guru-guru khusus. Pertama, guru pusat yang ditugaskan oleh pemerintah pusat dan kedua, melalui rekrutmen yang dilakukan di daerah itu. Aturan tersebut dirancang dengan alasan karena sulitnya mencari guru yang bersedia ditempatkan di pulau-pulau.
Sebenarnya, apabila pemberian tunjangan khusus diberikan kepada gurdacil dilakukan secara berkesinambungan dan merata. Menjadi solusi yang bisa ditawarkan dalam menarik minat calon guru maupun guru, untuk mengajar di daerah terpencil. Pasalnya, guru merupakan kunci utama terjadinya proses pendidikan. Tanpa guru yang mengajar, niscaya tidak akan ada pembelajaran. Sementara, pendidikan sifatnya harus menyeluruh dan merata di setiap daerah baik di kota maupun di desa terpencil.
Oleh karena itu, dengan adanya tunjangan khusus bagi gurdacil diharapkan bisa memperlancar proses pembelajaran di daerah terpencil. Bisa jadi, sebagian dari tunjangan itu dimanfaatkan oleh gurdacil untuk membeli alat peraga pendukung pembelajaran dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi lapangan. Sehingga, kualitas lulusan yang dihasilkan dari daerah terpencil tidak terlalu berbeda dengan lulusan di perkotaan.
Melihat pentingnya peran pendidikan dalam memeratakan kualitas sumber daya manusia di daerah terpencil. Tidak ada salahnya apabila pemerintah lebih memerhatikan profesi guru, terutama bagi gurdacil. Dengan memberikan tunjangan khusus yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) masing-masing, agar proses pencairannya dapat berjalan dengan lancar. Harapan besarnya adalah guru sejahtera, guru berkomitmen, dan tercipta peserta didik berkualitas yang mampu bersaing di masa depan. Semoga...

Ket : Tulisan ini dibuat pada Februari 2015

Artikel Terkait

Pentingnya Tunjangan Khusus Gurdacil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!