NADI GURU BLOG

Permintaan Bagi Guru Agar Menyenangkan dan Menginspirasi

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 24 November 2015

guru
NadiGuru-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan banyak acara dalam memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2015. Salah satunya adalah mengadakan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Menurut Mendikbud Anies Baswedan, simposium tersebut merupakan salah satu alat dalam menunjukkan karya yang hebat dari para guru di Indonesia. Pernyataan itu diungkapkan ketika Mendikbu membuka acara Simposium GTK di Istora Senayan, Jakarta.
Mendikbud juga mengakui jika tugas utama guru adalah mendidik dan mengajar. Tetapi, guru-guru juga memiliki tugas lain seperti halnya belajar. Dalam proses ini, guru juga masih dapat terus berkarya.
Acara tersebut dihadiri oleh ribuan guru se-Indonesia dan mendikbud berpendapat, jika para pendidik bisa membuka jalan untuk bertukar pengalaman dan pikiran. Mereka dapat saling belajar melalui saling memperlihatkan kesuksesannya dalam praktik pembelajaran yang dijalaninya di dalam kelas.
Mendikbud juga menambahkan, jika para guru harus bisa diingat oleh siswanya karena hal positif yang dilakukan. Bukannya diingat sebagai guru yang dianggap sebagai guru yang menyebalkan. "Kami berharap para guru diingat karena menyenangkan dan menginspirasi," kata Anies. Dilansir dari republika
Hakikatnya, dia menjelaskan, jika guru merupakan pemegang kunci utama dalam memperluas jangkauan. Mereka juga pihak yang berkontribusi untuk meningkatkan kualitas dan relevansi. Mewujudkan kesetaraan dan menjamin kepastian warga negara dalam memperoleh pelayanan pendidikan. 
Selain itu, Mendikbud juga menjelaskan jika di pundak para gurulah, masa depan pendidikan, pembelajaran dan pembudayaan siswa akan terus tumbuh dan berkembang. Aris Riyadi, salah satu peserta sekaligus narasumber dalam symposium. Berharap hal-hal yang bisa disampaikannya pada simposium itu dapat menginspirasi para guru lainnya.
Pelaksanaan simposium dihadiri oleh sejumlah 2110 GTK para finalis dan pemenang pemilihan GTK berprestasi dan berdedikasi. Simposium itu diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pameran karya inovatif dari guru, kompetisi, dan pameran pendidikan lainnya. Para peserta terbagi ke dalam 14 kelompok, dimana setiap kelompoknya menghadirkan sepuluh pemakalah. Makalah yang berkaitan dengan berbagai hasil riset terkini yaitu seputar masalah pendidikan.

Previous
« Prev Post

Related Posts

14:45:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!