Ternyata, Moratorium CPNS Era Jokowi Hingga 2019


Yuddy Chrisnandi
Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi
Nadiguru-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan kalau moratorium CPNS, tetap akan berlangsung hingga selesainya periode pertama dalam era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK), yaitu tahun 2019.
Menurut Yuddy Chrisnandi, Menteri PANRB, hal itu dilakukan dalam rangka melakukan pemetaan atau restrukturisasi pegawai pemerintah.
"Moratorium masih dilanjutkan, dan kemungkinan di era pemerintah Presiden Jokowi, akan berlangsung panjang, kemungkinan sampai 2019," Ujar Yuddy dilansir dari laman Menpan.
Meskipun begitu, Yuddy menambahkan kalau pemerintah bisa saja melakukan proses rekrutmen pegawai ASN namun dengan skala yang terbatas. Tentunya hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana perekrutan dilakukan dengan besar-besaran oleh instansi pemerintah.
Menurut Yuddy, moratorium itu ada pengecualian yaitu kepada para guru, yang bekerja di lingkungan kesehatan, dan aparat penegak hukum, dan itu pun disesuaikan pula dengan jumlah formasi yang dibutuhkan. Selain itu, jika moratorium tak menutup kemungkinan jika setiap instansi pemerintah untuk tidak sama sekali melakukan rekrutmen.
Sampai saat ini (Desember 2015), tercatat jumlah Pegawai Negeri Sipil mencapai 4.517 ribu lebih yang belum termasuk prajurit TNI dan Polri. Sementara itu untuk total pegawai pemerintah yang berstatus resmi anggota TNI dan Polri tercatat mencapai 1,77-1,9% dari 253 juta penduduk Indonesia.
Rencana ke depannya, porsi pegawai pemerintah harus diisi paling tidak 50% oleh yang berstatus sarjana, 10% oleh strata 2, dan 3 sampai 5% oleh strata 3. Dengan begitu, katanya kita akan memiliki postur ASN yang kompetitif, karena kuncinya adalag Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Source : Menpan

Artikel Terkait

Ternyata, Moratorium CPNS Era Jokowi Hingga 2019
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...