Benarkah Indonesia Tempat Ternyaman Bagi Teroris?

Teroris
Ilustrasi Teroris
Nadi Guru – Sahabat Nadi Guru sekalian, pertanyaan dalam judul inilah yang mengawali tulisan kali ini. Sebuah pertanyaan yang penuh dengan keresahan dan kekhawatiran, “Benarkah Indonesia Tempat Ternyaman Bagi Teroris?” Hal itu muncul ketika membaca sebuah berita dari Medan Bisnis yang berjudul “Panglima: Indonesia Paling Nyaman buat Teroris”. Berikut adalah uraian penjelasan yang bisa Nadi Guru sajikan kembali disini.
Menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, jika Indonesia merupakan negara yang disenangi oleh para teroris. Itu disebabnya karena Indonesia sendiri belum mempunyai payung hukum yang lengkap mengenai terorisme.
"Di sini tempat yang paling nyaman buat teroris," kata Gatot, di Surabaya, Kamis (28/1) dilansir dari Medan Bisnis pada hari Jumat, 29 Januari 2016.

Dijelaskan oleh Panglima Jenderal TNI tersebut jika banyak warga Indonesia yang berangkat menuju ke Suriah guna bergabung bersama kelompok teror Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Tentunya hal itu dilakukan guna mendapatkan pelatihan militer di Suriah sana. Dan pada saat kembali ke Indonesia, mereka sendiri tak mendapatkan hukuman apa-apa dari pemerintahan Indonesia.
"Kalau mau bikin terorisme, ya berangkat aja ke sana. Terus nanti kembali ke sini, melakukan kegiatan di sini, dan tidak dihukum," katanya.

Pada waktu ini, TNI pun masih menunggu revisi terhadap Undang-undang anti-terorisme. Karena UU itu yang bakal menjadi payung hukum dalam menanggulangi terorisme di Negara kita. 
"Ya, nanti ditunggu saja hasilnya seperti apa," ungkapnya.

Setelah kejadian serangan teror pada tanggal 14 Januari 2016 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, pemerintah pun memutuskan untuk merevisi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang ‘Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme’.

Berdasarkan pernyataan dari Yasonna Laoly selaku Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, ada beberapa atau sejumlah poin yang menjadi usul dari pemerintah dalam melakukan revisi UU itu. Namun, Yasonna sendiri pun belum memberikan rincian atas poin-poin yang dimaksud tersebut. 

Sebagai pertanyaan penutup pula, Benarkah Indonesia Tempat Ternyaman Bagi Teroris?

Artikel Terkait

Benarkah Indonesia Tempat Ternyaman Bagi Teroris?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...