NADI GURU BLOG

Bimbingan dalam Pendidikan Dasar

Posted by Goldads Deta on Sunday, 17 January 2016

bimbingan dasar
Nadi Guru - Layanan bimbingan lebih-lebih dirasakan kebutuhannya bagi siswa-siswa anak berkebutuhan khusus, yang karena kelainannya yang bermacam-macam dapat merupakan salah satu faktor timbulnya kesulitan belajar di sekolah.
Kebutuhan akan bimbingan sangat dipengaruhi oleh faktor filosofis, psikologis, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, demokratisasi dalam pendidikan dan perluasan program pendidikan. Adapun pengertian bimbingan sendiri adalah sebagai berikut:
Bimbingan adalah proses membantu individu untuk mencapai perkembangan optimal. Secara formal kedudukan bimbingan dalam Sistem Pendidikan di Indonesia telah digariskan di dalam Undang-Undang No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta perangkat Peraturan Pemerintahnya. Hal-hal yang berkenaan dengan Pendidikan Dasar, dimana Sekolah Dasar ada didalamnya, dibicarakan secara khusus dalam PP No. 20/1989. pada pasal 25 dalam PP tersebut dikatakan bahwa:
  • Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.
  • Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Kebutuhan akan layanan bimbingan di sekolah dasar bertolak dari kebutuhan dan masalah perkembangan siswa. Temuan lapangan menunjukan bahwa masalah-masalah perkembangan siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi, dan sosial. Rentang keragaman siswa sekolah dasar bergerak dari siswa yang sangat pandai sampai dengan yang sangat kurang, dari siswa yang sangat mudah menyesuaikan diri terhadap program sampai dengan siswa yang sangat sulit menyesuaikan diri, dari siswa yang tidak bermasalah sampai dengan siswa sarat masalah.

Sedangkan anak berkebutuhan khusus disini lebih ditekankan pada anak yang mengalami penyimpangan sedemikian rupa dari anak normal baik dalam hal karakteristik mental, fisik, sosial, emosi ataupun kombinasi dari hal-hal tersebut, sehingga memerlukan layanan pendidikan khusus supaya dapat mengembangkan potensinya secara optimal mungkin.

Previous
« Prev Post

Related Posts

17:22:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!