Cara Agar Otak Terang dan Cemerlang

otak cemerlang
Nadi Guru – Assalamualaikum semuanya, kali ini Nadi Guru akan sharing seputar wawasan umum yang berkenaan dengan otak manusia. Otak manusia merupakan struktur pusat pengaturan dengan memiliki volume sekitar 1.350 cc dan juga terdiri atas sekitar 100 juta sel saraf atau neuron.
Gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh sebagian besarnya diatur dan dikoordinir oleh otak. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu dalam menyehatkan otak agar tetap terang dan cemerlang.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan dalam menyehatkan organ tubuh otak yang dilansir dari Berita Unik :

1. Melenturkan otak
Dr Gayatri Devi, sebagai ahli saraf menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas beragam. Sehingga bisa merangsang bagian otak lain yang mengarah pada kesehatan kognitif secara lebih baik dan menyeluruh. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sudoku, kemudian beralih ke soal matematika, mendengarkan musik klasik, menari, bermain tenis atau bersosialisasi dengan orang-orang. Beragam kegiatan ini akan menjaga otak dengan baik dan melatih otak supaya tak hanya satu bagian saja yang aktif.

2. Memberikan makanan yang baik untuk otak
Sebagian besar bagian otak adalah terdiri dari lemak. Dengan begitu, lemak sangat dibutuhkan oleh otak untuk mempertahankan ketajaman berpikir dan berfungsi dengan baik. Lemak yang dibutuhkannya adalah asam lemak omega-3. Hal itu penting untuk fungsi dan perkembangan kognitif otak, serta penggunaan lemak baik seperti minyak zaitun atau minyak canola.
Bukan hanya lemak, melainkan sayuran hijau pun dapat membantu melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia (kepikunan). Sesuai dengan studi tahun 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Archives of Neurology’ menunjukkan jika bayam dan sayuran hijau lain yang mengandung folat dapatmenangkal demensia dan kondisi penurunan kognitif lainnya. Selain itu, makanan dan minuman lain yang bisa meningkatkan kinerja otak adalah blueberry, blackberry, jus anggur ungu, apel, kayu manis dan sayuran seperti brokoli serta kembang kol.

3. Melakukan olahraga
Dr Devi mengatakan jika salah satu cara untuk membuat otak menjadi sehat adalah dengan cara latihan atau olahraga. Karena latihan bisa membuat tubuh bekerja dengan baik dan fungsi kognitif menjadi lebih baik. Dengan mendapatkan aktivitas fisik yang baik akan meningkatkan asupan oksigen dalam otak, memelihara sel-sel otak , dan juga meningkatkan pertumbuhan sel saraf yang baru. Cobalah berolahraga seperti aerobik dalam 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Artikel Terkait

Cara Agar Otak Terang dan Cemerlang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...