Cara Terhindar dari Gafatar

loading...
loading...
Gafatar
Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)
Nadi Guru – Masyarakat harus semakin waspada terkait adanya sebuah aliran sesat baru yaitu Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Dijelaskan oleh Prof Dr Koentjoro, seorang ahli psikologi sosial UGM, bahwa Gafatar seringkali melakukan pencucian otak terhadap para anggotanya. Aliran ini memiliki upaya untuk terus menanamkan ideologi dan target tujuan kelompok dengan mengobrak-abrik idealismenya. Aliran ini juga menjajanjikan akan perolehan kehidupan yang lebih dengan menjadi bagian dari kelompok ini.

Agar kita terhindar dari pengaruh cuci otak yang sering dilakukan oleh aliran Gafatar ini, dikatakan oleh Koentjoro, bahwa kita harus berpikir kritis dalam menyikapi setiap persoalan yang ada. Khususnya dalam melihat suatu fakta agar tidak hanya mengandalkan pendapat semata.
Masyarakat dihimbau untuk berpikir yang disertai analisis serta evaluasi informasi sebelum mengambil suatu keputusan. Menurutnya, kuncinya berpikir kritis, supaya terhindar dari berbagai gerakan ekstrem. Selain itu, dikatakan Koentjoro jika Gafatar ini banyak menyasar kalangan muda seperti mahasiswa, dosen, dan dokter yang berpendidikan tinggi yang tak mau berpikir kritis untuk dijadikan sebagai pengikutnya.

Gafatar
Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)
Kita harus berhati-hati karena aliran Gafatar ini sangat lihai dalam memengaruhi calon pengikutnya dengan mempresentasikan visi dan misi suatu organisasi. Aliran ini mengumbar janji bahwa akan ada sebuah perubahan kehidupan menuju kea rah yang lebih baik di tengah pemerintahan yang karut-marut dan dipenuhi oleh aksi korupsi. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menginstruksikan kepada pemerintah daerah untuk selalu mengawasi pergerakan dan aktivitas dari ormas Gafatar. Untuk itu, Tjahjo meminta seluruh kepala daerah untuk terus melakukan koordinasi dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). Dalam hal ini, untuk segera menutup seandainya di daerah ada kantor atau sekretariat Gafatar atau sekretariat lainnya yang dicurigai.
loading...

Artikel Terkait

Cara Terhindar dari Gafatar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!