Ciri Guru Profesional

loading...
loading...
Guru Profesional

Nadi Guru – Apakah Anda seorang guru? Atau saudara-saudara kita profesinya sebagai guru? Pada kesempatan kali ini, Nadi Guru akan mencoba berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan guru yaitu keprofesionalannya. Sudahkan Anda tau ciri-ciri guru profesional? Jika sudah syukurlah, namun jika belum di bawah ini adalah beberapa ciri dari guru yang profesional.

Dalam Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) pada pasal 10 ayat jika ciri bagi guru yang profesional adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai kompetensi pedagogik
Kompetensi pedagogik yaitu kompetensi yang meyangkut kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Pengelolaan pembelajaran merupakan tugaspokok yang harus dikerjakan oleh guru. Misalnya menyangkut merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran. Selain itu, melakukan bimbingan dan latihan dalam kegiatan ekstrakulikuler, dan juga bisa melaksanakan tugas tambahan yang telah diamanahkan oleh lembaga pendidikan.

2. Mempunyai kompetensi kepribadian
Kompetensi kepribadian ini menyangkut kepribadian yang baik yaitu berahlak mulia, arif, berwibawa, dan juga menjadi teladan bagi peserta didik.

3. Mempunyai kompetensi sosial
Kompetensi sosial adalah kompetensi yang menyangkut kemampuan guru dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, sesama guru, wali murid dan masyarakat. Kemampuan itu adalah salah satu penentu keberhasilan seseorang dalam kehidupan.

4. Mempunyai kompetensi profesional
Kompetensi professional adalah kompetensi yang menyangkut penguasaan materi pelajaran secara luas dan juga mendalam. Jika seorang guru tak bisa menguasai materi secara luas dan mendalam, apakah bisa memahami suatu permasalahan pembelajaran yang dihadapi di sekolah.

Selain itu, beberapa ciri guru professional lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Guru selalu memberikan yang terbaik bagi siswa di dalam proses pengajaran. Dalam mengajar, guru selalu bergairah dan bekerja bersama dengan siswa.
  2. Memiliki keterampilan untuk mendidik agar muridnya menjadi disiplin. Guru perlu memiliki keterampilan disiplin yang efektif.
  3. Seorang guru harus mempunyai tujuan yang jelas. tujuan setiap pelajaran secara jelas dan bekerja guna memenuhi tujuan dalam setiap kelas.
  4. Mempunyai keterampilan manajemen di dalam kelas yang baik. Guru yang professional pastinya memiliki keterampilan manajemen di dalam kelas dengan baik dan bisa memastikan agar perilakusiswa menjadi baik saat siswa belajar dan bekerja sama.
  5. Guru harus bisa berkomunikasi secara baik dengan orang tua murid. Seorang guru pun penting juga menjaga komunikasi yang baik dengan orang tua. Pasalnya, orang tua membutuhkan informasi terkait perkembangan anak-anaknya.
  6. Guru yang mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai kurikulum sekolah dan standar yang lain.
  7. Mempunyai pengetahuan mengenai subyek yang diajarkan. Guru profesional memmpunyai pengetahuan yang baik dan sangat antusias terhadap subyek yang diajarkan.
  8. Guru profesional memiliki ekspektasi besar pada siswa serta memacu semua siswa untuk terus bekerja dan mengerahkan potensi terbaik yang mereka miliki.

 Mudah-mudahan informasi terkait ciri guru professional yang Nadi Guru sampaikan ini bisa menjadi gambaran bagi kita semua, khususnya para guru untuk mewujudkan dirinya masing-masing sebagai guru yang profesional.
loading...

Artikel Terkait

Ciri Guru Profesional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!