Doa Orangtua Agar Anak Pintar

doa orangtua

“Do’a adalah senjata seorang mu’min
dan tiang (pilar) agama
 serta cahaya langit dan bumi”

(Hadist Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan Ahmad dan Abu Dawud)

Do’a adalah harapan. Harapan yang ditujukan kepada Alloh SWT supaya manusia dalam menjalani kehidupannya bisa menggapai sesuatu yang diinginkan. Selain itu, do’a juga bisa membantu manusia terlepas dari berbagai kesulitan, termasuk kesulitan dalam menerima pelajaran di sekolah.
Baca juga : Masalah dan Solusi Anak Tunadaksa

Meminta do’a dari orang tua, seringkali terlupakan oleh anak-anak kita. Saat berangkat ke sekolah, bukannya meminta do’a orang tua malah meminta bekal uang jajan yang didahulukan. Terkadang, anak kita cemberut kalau diberi uang jajan sedikit. Inginnya diberi bekal yang banyak, dengan alasan untuk membeli ini dan itu. Jika dahulu sekitar tahun 90-an ketika masih di Sekolah Dasar, diberi bekal oleh orang tua seribu rupiah. Rasanya, bisa cukup untuk membeli segala makanan yang kita inginkan di sekolah. Mulai dari gorengan, kupat tahu, lotek, es tungtung, dan lain sebagainya, pokoknya kumplit bisa membeli segala makanan yang ada di lingkungan sekolah.
Namun, di era yang serba modern sekarang ini. Dikasih uang jajan seribu rupiah, mana mau mereka berangkat ke sekolah. Yang terjadi ialah mereka bisa marah-marah dan membentak orang tuanya. Minimal lima ribu rupiah baru bisa mau berangkat, bahkan nominalnya bisa lebih bagi yang orang tuanya termasuk golongan kaya. Apalagi untuk jenjang SMP dan SMA pasti berbeda lagi ceritanya. Biaya untuk tongkrongan pun harus disediakan oleh orang tua.
Jika kita resapi bersama, permasalahan tersebut muncul karena salah siapa? Apakah karena orang tua yang terlalu sibuk atau karena memang pengaruh perkembangan zaman yang telah menggeser kepribadian manusia di bumi ini? Entahlah, yang pasti meminta do’a dari orang tua seringkali menjadi hal yang ditinggalkan oleh anak saat akan berangkat ke sekolah. 
Padahal Rosululloh SAW juga telah bersabda: “Ada tiga do’a yang diterima oleh Allah secara langsung, yaitu do’a orang yang dianiaya, do’a seorang musafir dan do’a orang tua terhadap anaknya.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Abu Dawud). Disini, do’a orang tua menjadi salah satu do’a yang akan dikabulkan oleh Alloh SWT. Itu merupakan sebuah kesempatan dan peluang bagi seorang siswa untuk bisa berprestasi di sekolah. 
Di sela-sela pembelajaran (jeda istirahat menuju pelajaran berikutnya), penulis pernah bertanya kepada seluruh siswa di kelas. “Apa yang kalian minta sebelum berangkat ke sekolah?” Semua jawaban sama. Yang diminta adalah “uang jajan” atau bekal untuk jajan di sekolah. 
Sambil tersenyum, penulis pun melanjutkan pertanyaan berikutnya kepada siswa. “Mau gak kalian uang jajannya ditambah sama orang tua?” “mau banget dong pak…” seluruh siswa menjawabnya dengan serentak. Lanjut penulis, “Caranya sangat sederhana tanpa UNIKO (Usaha NIpu KOlot)/korupsi”, dalam bahasa Indonesia, UNIKO dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan oleh siswa kepada orang tuanya agar bisa mendapatkan uang jajan lebih. 
“Loh,,, kok bisa pak? Bagaimana dong caranya…?” Tanya siswa dengan penuh penasaran. Kayanya berharap agar bisa mendapatkan uang jajan yang lebih. “Coba sekarang perhatikan dengan seksama! Tadi pas Bapak tanya, apa yang kalian minta sebelum berangkat ke sekolah. Kalian serentak menjawabnya adalah uang jajan. Pernah gak dari kalian terlebih dahulu meminta do’a orang tua sebelum berangkat ke sekolah?” “Belum pernah pak” Jawab Kayla dan Regina secara bersamaan. 
“Nah,,, itulah yang Bapak maksud. Cara sederhana itu adalah dahulukan meminta do’a orang tua supaya kita bisa pintar, kemudian meminta uang jajan! Pasti orang tua kita akan merasa senang dan bangga terhadap kita. Tanpa kita meminta uang jajan pun, mereka akan tetap memberikannya dan bahkan bisa memberikan lebih sebagai bonus karena kita telah menjadi anak yang soleh bagi mereka”.
Percakapan di atas merupakan gambaran sederhana mengapa penulis memberanikan diri untuk mengasumsikan di awal, kalau saat berangkat ke sekolah, anak seringkali lupa untuk meminta do’a dari orang tua. Meskipun begitu, tentunya sebagai orang tua harus tetap mendo’akan anaknya supaya bisa menjadi salah satu siswa yang bisa berprestasi di sekolah. Sebab, ada pepatah yang mengatakan “Ridhonya Alloh tergantung pada ridhonya orang tua”

Artikel Terkait

Doa Orangtua Agar Anak Pintar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...