Dudung Nurullah Koswara, Sang Guru Inspiratif

Dudung Nurullah Koswara
Foto : Dudung Nurullah Koswara Via FB DNK
Nadi Guru – Dudung Nurullah Koswara merupakan salah seorang guru di Kota Sukabumi. Saat ini, beliau bekerja dan mengabdikan dirinya pada instansi Dinas Pendidikan yaitu Guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sukabumi. Dulu, beliau pernah mengenyam pendidikan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung. Dalam status yang dibuatnya pada sebuah media sosial yaitu Facebook (FB), Ia selalu mengakhiri kalimatnya dengan nama singkatannya yaitu ‘DNK’.
Selain menjadi guru, DNK juga diamanahi sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Sukabumi untuk periode atau masa bhakti 2015-2020 seperti dikutip dari laman Jekrem. Amanah itu DNK peroleh setelah melalui   Konferda yang ke-21 dengan memperoleh suara paling banyak daripada 2 kandidat lainnya, yaitu:  Drs.H. Agus Indrayana, M.Pd.  dan Hasan Azhari. Dimana pelaksanaannya itu dilangsungkan  di Aula SMKN I (12/1).
Nadi Guru memandangnya sebagai seorang guru yang inspiratif karena salah satunya adalah kebanggaannya menjadi guru. Selain itu, DNK pun sangat peduli terhadap nasib para guru di Indonesia. Menurutnya, organisasi PGRI harus bisa meningkatkan kesejahteraan para guru. Sejahtera batin, silaturahmi yang kuat di PGRI, dan sejahtera material demi meraih masa depan bagi keluarganya.
DNK juga menegaskan jika Guru merupakan sebuah profesi yang paling terhormat di negri ini, tidak ada negri yang bisa maju apabila mengabaikan guru-gurunya. Negara yang maju itu sangat memanjakan para guru dan para guru pun akan sangat serius dalam melayani seluruh siswanya. Serta juga, para guru akan aktif dalam membangun organisasi profesinya.
Atas dasar rasa kepeduliannya terhadap profesi guru, dinyatakan jika PGRI harus bisa memberikan jaminan perlindungan hokum bagi guru. Tidak boleh ada guru yang akhirnya di tangkap oleh polisi karena mencubit anak nakal di ruang kelas. Karena cubitan itu bukanlah berlandaskan marahnya guru kepada murid itu, melainkan salah satu bentuk rasa kasih sayang guru kepada siswanya agar tidak menjadi seseorang yang nakal. Apalagi hingga melekat kuat menjadi karakter kepribadiannya setelah kelak menjadi dewasa.
Alasan Nadi Guru juga menganggap DNK sebagai sosok guru yang inspiratif adalah karena dirinya mau berbagi kepada orang lain. Baik berbagi dalam hal ilmu maupun berbagi dalam hal pengalamannya. DNK pun seringkali memberikan motivasi kepada para kaum muda untuk bisa menghasilkan sebuah karya dan karyanya sendiri harus menjadi kebanggaanya. Bukan hanya itu saja, DNK pun aktif juga dalam menulis di surat kabar, baik surat kabar local maupun nasional.

Mungkin itu saja gambaran dari Dudung Nurullah Koswara sebagai sosok guru yang inspiratif. Apabila ada yang masih kurang, mohon bantuannya untuk melengkapi pada kolom komentar di blog nadiguru.web.id, supaya bisa ditambahkan. Atas perhatiannya Nadi Guru ucapkan terima kasih… 

Artikel Terkait

Dudung Nurullah Koswara, Sang Guru Inspiratif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

11 January 2016 at 15:17 delete

selamat ya. semoga tetap amanah.

Reply
avatar
12 January 2016 at 12:09 delete

Iya Pak, mudah2an beliau bisa tetap menjungjung tinggi amanahnya.

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!