Fullerene endohedral, Bahan Material Termahal di Dunia Rp 2 Triliun per gram

loading...
loading...
material termahal
Fullerene Endohedral
Nadi Guru – Selamat siang sahabat Nadi Guru, kali ini kita coba sharing terkait dengan Sains. Pada salh satu Universitas di Inggris, yaitu Oxford University, para ilmuwannya memproduksi material yang termahal di dunia.
Bahan yang diproduksi oleh laboratorium kampus itu disebut fullerene endohedral. Sampel pertamanya dijual dengan harga sekitar ‘32 ribu dolar AS’ untuk 200 mikrogram atau juga harganya sekitar 145 juta dolar /gram ataupun sekitar Rp. 2 triliun.
Fullerene endohedral merupakan struktur nano karbon bola, terdiri dari sekitar60 atom karbon. Di dalam atom karbon tersebut ada atom non-logam  sederhana, seperti fosfor, nitrogen, dan helium. Saat ini, para ilmuwan tengah menyelidiki kemungkinan penggunaan bahan itu pada jam atom. Jam atom merupakan sistem waktu yangpaling akurat di dunia.
"Pada saat ini, jam atom adalah ruang berukuran fullerene endohedral ini akan membuatnya bekerja di sebuah chip yang bisa masuk ke ponsel Anda," kata Lucius Cary,  Direktur Keuangan Oxford Teknologi SEIS dilansir via Republika.

Harapan Tim Oxford, untuk di masa depan, mereka semua bisa  menggunakannya pada seluruh jenisperangkat supaya dapat menghasilkan perangkat yang lebih akurat lagi dari sebelumnya. Perangkat ini pun juga memiliki potensi untuk diintegrasikan dalam perangkat GPS.

Selain itu, satu-satunya bahan lain yang ada di Bumi yang bisa menjadi saingan untuk biaya astronomi fullerene endohedral yaitu antimateri. Harganya diperkiraan oleh NASA sekitar 61 triliun dolar AS per gram.
loading...

Artikel Terkait

Fullerene endohedral, Bahan Material Termahal di Dunia Rp 2 Triliun per gram
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!