Inilah Alasan Menpan Memangkas Satu Juta PNS

loading...
loading...
Nadi Guru - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB), Yuddy Chrisnandi, mengungkapkan niatnya untuk pemangkasan terhadap satu juta pegawai negeri sipil (PNS). Yuddy mengaatakan, jika langkah ini perlu dilakukan dalam rangka efisiensi penggunaan anggaran belanja pegawai.
Yuddy menuturkan, dalam dua pekan ini pihaknya akan mengkaji secara komprehensif rencana tersebut, sebelum akhirnya melaporkan hasilnya kepada Presiden Joko Widodo. Ia memperkirakan pengkajian rencana rasionalisasi jumlah PNS dan anggaran ini akan memakan waktu kira-kira dua pekan.
Alasan utama dalam melakukan pemangkasan terhadap jumlah PNS ini, dikatakan oleh Yuddy adalah belanja pegawai yang menyentuh hampir 40% (persen) dari total anggaran. Bukan hanya itu saja, katanya bahwa belanjamodal dan barang yang terkait dengan belanja pegawai pun semakin tinggi.
Padahal, penerimaan pajak tak mencapai total 100% dari targetnya. Sehingga, pemerintah dirasakan perlu melakukan penghematan.
"Nah salah satu yang bisa dihemat adalah pengeluaran belanja pegawai. Oleh karenanya, kan ada moratorium. Tetapi kan moratorium ini sampai kapan? Karena itu, harus ada langkah-langkah progresif dalam melakukan penataan kepegawaian," ujarnya, dilansir dari CNN (Jumat, 8/1/2016).
Selain itu Yuddy juga mengatakan, akan merunkan rasio kepegawaian yang sekarang ini jumlah rasio terhadap jumlah penduduk yaitu 1,77 persen. Untuk efisiensi, pihak KemenPAN-RB melakukan kajian jika idealnya berada di angka 1,5 persen rasio jumlah pegawai pemerintah terhadap jumlah penduduknya.
Pada saat ini jumlah PNS yang ada di Indonesia sekitar 4,5 juta orang. Yuddy pun mengatakan apabila total penduduk di Indonesia saat ini kira-kira jumlahnya 250 juta orang. Maka dari itu, idealnya jumlah PNS yaitu sekitar 1,5 persen dari total tersebut, yakni sekitar 3,75 juta orang. Itu artinya, perlu ada pemangkasan sekitar 750 ribu hingga sejuta PNS.
Langkah-langkah progresif tersebut merupakan salah satunya dengan menurunkan beban belanja pegawai berdasarkan tingkat rasio paling memungkinkan. Dan tak mengganggu terhadap pelaksanaan tugas-tugas birokrasi pemerintahan.
Yuddy juga menambahkan, jika dengan memangkas sejuta PNS. Maka anggaran belanja pegawai yang bisa dihemat bisa menyentuh angka Rp36 triliun per tahunnya. Yuddy jugamemastikan jika kementeriannya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait lainnya, seperti: Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah masing-masing.
loading...

Artikel Terkait

Inilah Alasan Menpan Memangkas Satu Juta PNS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!