NADI GURU BLOG

Inilah Fungsi Puting Susu pada Laki-laki

Posted by Dede Taufik on Friday, 29 January 2016

Puting pria
Ilustrasi Puting Susu Laki-laki
Nadi Guru – Mungkin kita pernah bertanya-tanya, mengapa para lelaki memiliki puting susu? Dan mungkin saja kita sendiri menanyakan apa sih manfaat dan fungsinya bagi seorang laki-laki. Pasalnya, tanpa bagian tubuh itu ternyata manusia tetap dapat hidup dengan normal.
Berdasarkan informasi yang dilansir dari Republika.co.id, pada wanita, puting memegang peranan penting dalam hidup karena berfungsi untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada anak mereka. Tetapi, puting pada pria yang tak menyusui kerap dipertanyakan fungsi dan keberadaannya.
Pada dasarnya, laki-laki memiliki puting karena semua embrio yang tercipta di dalam rahim mulanya sebagai embrio wanita. Namun, seiring berjalannya waktu pada saat embrio menjadi lebih maskulin. Maka embrio itu akan menjadi laki-laki. Tetapi, di saat yang sama terdapat beberapa anatomi yang tetap bertahan seperti puting. Oleh karena itu, walaupun tak memiliki fungsi yang berarti, pria memiliki puting di bagian dadanya.
Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Wikipedia terkait puting pada laki-laki adalah sebagai berikut. Dari masa konsepsi sampai diferensiasi s3ksual, semua janin manusia, baik laki-laki maupun wanita, memiliki puting susu yang serupa. Hal ini berlangsung kurang lebih selama enam minggu, setelah itu gen laki-laki mulai memproduksi hormon testosteron.
Biasanya, puting susu pada laki-laki tak banyak berubah pada titik ini. Tetapi, beberapa pria mengalami kondisi yang dikenal dengan ‘ginekomastia’, dimana kelenjar lemak di sekitar dan di bawah puting mengalami perkembangan dan meluas sampai menyerupai puting susu wanita.
Hal ini bisa terjadi, apabila produksi hormon testosteron menurun. Ginekomastia, walaupun tak parah, dapat terjadi pada anak laki-laki pubertas, yang mengalami perubahan fisik karena pelepasan hormon, termasuk estrogen, yang cepat dan tak terkendali.
Tingginya produksi estrogen pada anak laki-laki pubertas menyebabkan terjadinya pembengkakan pada puting susu dan jaringan di sekitarnya. Pada kondisi ginekomastia akut, payudara pria juga dapat menghasilkan air susu dan mengalami kanker payudara.
Stephen Jay Gould dan Richard C. Lewontin, dalam makalahnya menyebutkan bahwa keberadaan puting susu pada laki-laki merupakan produk sampingan arsitektur genetik dari puting susu wanita. Menurutnya, laki-laki memiliki puting susu karena wanita juga memilikinya. Walaupun puting dan jaringan payudara pada laki-laki tak memiliki fungsi layaknya pada wanita, yaitu berupa fungsi laktasi atau menyusui. Puting dan payudara laki-laki bisa berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru dari cedera, serta masih berfungsi sebagai salah satu zona er0tis, meskipun sesensitifnya tak seperti pada wanita.

Previous
« Prev Post

Related Posts

11:39:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!