NADI GURU BLOG

Kisi-kisi UN 2016 untuk SMP, SMA, dan SMK

Posted by Dede Taufik on Friday, 15 January 2016

Ujian Nasional 2016

Nadi Guru – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tinggal beberapa bulan lagi, yaitu pada bulan April untuk SMA dan SMK, sementara bulan Mei untuk tingkat SMP. Sudahkah adik-adik siap melaksanakan UN tersebut? Nampaknya, siap atau tidak siap harus tetap siap, karena itu sudah menjadi kewajiban selaku pelajar untuk bisa melaju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Agar dalam menghadapi UN di tahun 2016 ini bisa lancar, perlu kiranya untuk mengetahui kisi-kisi UN tahun 2016 yang telah ditetapkan oleh BSNP. BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.
Berikut adalah Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0034/P/BSNP/XII/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016 bisa didownload disini.
Mengapa perlu mengetahui kisi-kisi UN? Jawabannya sederhana, agar ketika kita belajar lebih fokus terhadap materi yang akan menjadi bahan ujian. Kita tidak perlu melahap habis buku-buku dari kelas bawah hingga tinggi, tapi cukup dengan mempelajari materi dan belajar soal-soal yang berkaitan dengan kisi-kisi tersebut.
Nah, bagi adik adik yang membutuhkan informasi terkait kisi-kisi UN tahun 2016, bisa membuka link di bawah ini!
Sehubungan dengan adanya dua kurikulum yang diberlakukan di sekolah Indonesia, namun kisi-kisinya berlaku sama. Nampaknya, adik-adik pun harus lebih cermat dalam memahami dan menganalisis kisi-kisi tersebut. Jika terdapat materi yang tidak ada dalam KTSP maka harus mencari sumber materi dari Kurikulum 2013, maupun sebaliknya.

Dengan mempelajari terlebih dahulu kisi-kisi UN tahun 2016 tersebut, diharapkan adik-adik bisa lebih siap dalam menghadapi Ujiannya. Tentunya, dengan kondisi mental yang lebih tenang. Dan semoga, bisa mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga bisa melanjutkan pendidikan lagi ke sekolah yang diinginkan. 

Previous
« Prev Post

Related Posts

10:31:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!