NADI GURU BLOG

Penemu Televisi Tampil di Google Doodle

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 26 January 2016

Penemu TV
Google Doodle (26/01/2016)
Nadi Guru – Televisi atau TV merupakan sebuah media teknologi yang menampilkan gambar dan suara. TV pada masa kini bukan lagi barang mewah, karena hamper di setiap rumah sudah ada. Bahkan, setiap anggota keluarga pun memiliki acara TV yang diidolakan masing-masing. Namun, tahukah Anda siapakah penemu TV tersebut?
Nah, jika Anda melihat tampilan google hari ini (26 Januari 2016) terlihat ada sosok seseorang. Sosok itu adalah seseorang yang berhasil menemukan TV. Dia namanya adalah John Logie Baird. Namun, tampilnya John Logie di mesin pencairan terbesar google itu bukan karena peringatan ulang tahunnya. Melainkan waktu di mana demonstrasi publik akan televisi ditampilkan untuk pertama kalinya.

Profil singkat
  • Nama lengkap : John Logie Baird
  • TTL : Skotlandia, 13 Agustus 1888
  • Meninggal : Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun
  • Pendidikan : Technical College Royal dan Universitas Glasgow
  • Penemu : Televisi

John Logie Baird
John Logie Baird

Biografi
90 tahun yang lalu, peristiwa bersejarah ini bertempat di laboratorium Soho, Westminster, Britania Raya. Demonstrasi itu pada akhirnya menjadi gerbang terhadap awal pengenalan layar TV kepada publik di dunia ini yang dilakukan di hadapan Institusi Kerajaan dan beberapa jurnalis dari Time. Dalam peristiwa demonstrasi ini, John Logie menjadi seseorang yang bertanggung jawab akan penemuan layar dengan gambar bergerak itu.
Dalam Perang Dunia I, John Logie tidak bisa mengikutinya karena dirinya diganggu dengan kesehatan yang buruk. Kemudian, John Logie memilih posisinya sebagai seorang insinyur listrik. Dan selanjutnya, dirinya memilih untuk memutuskan menjadi seorang ‘amatir profesional’ dan mengejar berbagai kepentingan yang berbeda dan menguntungkan.
Sibuknya dalam kepentingan tersebut, menyebabkan dirinya kelelahan yang dapat mengakibatkan gangguan saraf. Kemudian, John pun memilih untuk berkonsentrasi pada elektronik, khususnya setelah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi bisa digunakan untuk membawa sinyal audio.
Prosesnya mulai bekerja dengan melakukannya pada sebuah desain yang disebut Nipkow disk, disk scanning yang diciptakan tahun 1884 oleh ilmuwan Paul Nipkow, Jerman. Pada dasarnya, perangkat ini terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang berbentuk persegi, terletak dalam posisi spiral. Pada saat digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow disk mampu memindai area terang dan gelap yang kemudian mengkonversi informasi yang menjadi sinyal listrik. Melalui penggunaan seconddisk, disinkronkan dengan yang pertama, Nipkow mampu menerjemahkan signal ke gambar visual primitif.
Hingga dirinya berusia 35 tahun masih dalam kondisi serba kekurangan. Pasalnya, tidak ada yang mau menjadi investornya. Namun, pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio.
Tak lama kemudian, John Logie pun berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa kabel ke pesawat penerima dengan jarak beberapa meter. Dia pun gembira dan langsung berlari ke lantai bawah toko dan membujuk seorang anak muda untuk menjadi orang pertama yang gambarnya di transmisikan oleh televisi.

Dari situ, John Logie menjadi terkenal hampir dalam semalam dan berawal dari situlah investor memberinya cukup uang untuk mengejar tujuan yang lebih ambisius. Kemudian, pada 1927 dia mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow dan pada 1928 dari London ke New York.

Previous
« Prev Post

Related Posts

20:13:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!