NADI GURU BLOG

Pengertian, Fungsi dan Teori Pengembangan Media Pembelajaran

Posted by Dede Taufik on Saturday, 23 January 2016

Nadi Guru – Secara umum, media dalam proses pembelajaran memiliki manfaat yaitu untuk memperlancar interaksi antara guru dengan siswa. Sehingga, pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.  Menurut Hamalik (1986) bahwa pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar (PBM) dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
 
Media Pembelajaran
Ilustrasi Media Pembelajaran
Pengertian Media pembelajaran
Media merupakan segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi (AECT  Task Force, 1977:162) (Dalam lutuheru,1988:110). Kemp dan Dayton (1985:3) mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (Transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (Sander) kepada penerima pesan atau informasi (Receiver).
Jerold kemp (1986) dalam Pribadi (2004:14) mengemukakan beberapa faktor yang merupakan karakteristik dari media antara lain:
  1. Kemampuan dalam menyajikan gambar (presentation)
  2. Faktor ukuran (Size):besar atau kecil
  3. Faktor warna (colour):hitam putih atau berwarna
  4. Faktor gerak: diam atau bergerak
  5. Faktor bahasa:tertulis atau lisan
  6. Faktor keterkaitan antara gambar atau suara:gambar saja.

Selain itu, Jerold kemp dan Diane K.Dayton (dalam pribadi, 2004:1.5) mengemukakan klasipikasi jenis media sebagai berikut:
  1. Media cetak
  2. Media yang dipamerkan (Displayed media)
  3. Overhead transparency
  4. Rekaman suara
  5. Slide suara dan Film Strip
  6. Presentasi multi gambar
  7. Video dan Film
  8. Pembelajaran berbasis computer (computer based learning)

Adapun pengertian dari media pembelajaran adalah suatu alat,bahan ataupun berbagai macam komponen yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan untuk memudahkan penerima pesan menerima suatu konsep.

Fungsi dan Peranan Pembelajaran
Dengan adanya media pembelajaran sebagai media antara guru sebagai pengirim informasi dan murid sebagai penerima informasi harus saling berinteraksi, khususnya untuk objek secara visualisasi. Pemilihan media yang sesuai dengan karakteristik siswa akan membantu keberhasilan pengajar alam pembelajaran. Secara rinci fungsi media memungkinkan siswa menyaksikan objek yang ada tetapi sulit untuk di lihat dengan kasat mata. Melalui perantaraan gambar, potret, slide, dan sejenisnya mengakibatkan siswa memperoleh gambaran yang nyata ( Degeng, 1999 : 19 )

Menurut Gerlach dan Ely ( dalam Arsyad, 2002 : 11) ciri media pendidikan yang layak digunakan dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Fiksatif ( Fixative property )
Media pembelajaran mempunyai kemampuan untuk merekam, menyimpan, melestarikan dan merekontruksi suatu peristiwa atau objek.

2. Manipulatif ( manipulatif property )
Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording.

3. Distributif (distributive property)
Memungkinkan berbagai objek ditransportasikan melalui suatu tampilan yang terintegrasi dan secara bersamaan objek dapat menggambarkan kondisi yang sama kepada siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama tentang kejadian itu.

Sementara untuk peran dari media adalah sebagai berikut:
1. Dependen
Media berperan membantu guru dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

2. Independen
Media berperan sebagai penyampai dan penjelas informasi atau pesan kepada murid tanpa ada bantuan guru

Teori Pengembangan Media
Pengembangan media pembelajaran didasarkan pada 3 model pengembangan yaitu :
Model Prosedural, merupakan model yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.
Model Konseptual, merupakan model yang bersifat analitis yang memberikan komponen-komponen produk yang akan dikembangkan serta keterkaitan antar komponen.
Model Teoritik, merupakan model yang menunjukkan hubungan perubahan antar peristiwa.

Diskusi seputar media pembelajaran
1. Sebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari media?
Jawaban :
Kelebihan
Media dapat menunjang kelancaran dalam proses KBM
Media dapat membantu memperjelas pesan yang disampaikan
Media dapat menyederhanakan sesuatu yang kompleks.
Kekurangan
Tidak bersifat kekal, bisa ruksak kapan saja dan dimana saja
Tidak bisa digunakan  setiap saat karena tergantung pada situasi
Tidak ada interaksi secara langsung karena yang dihadapkan itu hanyalah benda mati ( alat ).

2. Bagaimana cara memilih media yang dapat menyampaikan pesan sehingga dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan?
Jawaban :
Cara untuk memilih media yang baik adalah sebagai berikut :
Media yang digunakan harus sesuai dengan situasi dan kondisi serta keterkaitannya dengan materi
Media harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan penerima pesan.

3. Bagaimana cara mengatasi keterbatasan media?
Jawaban :
Media yang canggih tidak selamanya menjadi penentu dalam keberhasilan siswa dalam belajar. Jadi, media apapun asal dapat disesuaikan dengan materi dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, dibutuhkan kekreatifan guru dalam memilih dan memilah media apa yang akan digunakan.

Previous
« Prev Post

Related Posts

22:52:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!