Perkembangbiakan pada Hewan

loading...
loading...
Apakah hewan dapat berkembang biak? Apakah perkembangbiakan hewan sama dengan manusia? Hewan memiliki dua tipe perkembangbiakan yaitu secara kawin (generatif) dan secara tak kawin (vegetatif).

1. Perkembangbiakan secara Kawin (Generatif)
Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel sperma dihasilkan hewan jantan. Adapun sel telur dihasilkan hewan betina. Berdasarkan caranya, pembuahan pada hewan dibedakan menjadi dua. Pertama, pembuahan di luar tubuh. Kedua, pembuahan di dalam tubuh.
Perkembangbiakan secara kawin pada hewan dibedakan menjadi tiga. Pertama, hewan yang berkembang biak dengan bertelur (Ovipar), contohnya : ayam, burung, penyu, dan lain-lain. Kedua, hewan yang berkembang biak dengan melahirkan (Vivipar), contohnya: sapi, kucing, kambing, singa, dan lain-lain. Ketiga, hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan (Ovovivipar), contohnya: hewan paus, ikan pari, dan beberapa jenis ular.

2. Perkembangbiakan secara  Tidak Kawin (Vegetatif)
Perkembangbiakan secara tak kawin hanya terjadi pada hewan-hewan tingkat rendah. Perkembangbiakan secara tidak kawin dapat dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain dengan membentuk tunas dan fragmentasi.
a. Tunas
Perkembangan hewan

Perkembangbiakan dengan cara pembentukan tunas antara lain terjadi pada Hydra. Tahukah kamu Hydra? Hydra merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Hydra hidup pada air tawar. Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan terlepas dari tubuh induknya. Tunas yang terlepas akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

b. Fragmentasi
Perkembangan hewan

Fragmentasi adalah perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah planaria. Cacing planaria merupakan cacing pipih. Planaria bisa kamu temukan di bawah bebatuan di sungai. Ukurannya sangat kecil. Jika kita potong salah satu bagian tubuhnya, potongan tubuh itu akan tumbuh menjadi individu baru.
loading...

Artikel Terkait

Perkembangbiakan pada Hewan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!