Waspada! PNS Tidak Berkualitas Akan Didupak

Pemangkasan PNS

Nadi Guru – Selamat pagi Bapak dan Ibu guru semuanya di seluruh wilayah nusantara! Pagi ini ada kabar terkini seputar keprofesian. Ya sebuah profesi sebagai Abdi Negara yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS). Silahkan disimak sampai tuntas ya!
Dikabarkan jika jumlah PNS pada saat ini jumlahnya terlalu banyak, yaitu mencapai hingga 4,5 juta jiwa. Oleh karena itu, pemerintah berkeinginan untuk merasionalisasikan jumlah PNS tersebut. Dengan adanya rasionalisasi, yang rencananya akan dilaksanakan hingga 2019, jumlah PNS akan dipangkas sekitar mencapai 1 juta orang.
Itu artinya, total keseluruhan PNS akan berkurang hingga 3,5 juta. Kemudian daripada itu, alternatif lainnya, PNS yang dipangkas hanya berjumlah sekitar 600 ribu orang. Sehingga, total jumlah idealnya yaitu 3,7 hingga 3,8 juta.
Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan jika rasionalisasi jumlah PNS itu‎ merupakan salh satu langkah efisiensi dalam penggunaan anggaran. Pasalnya, anggaran belanja pegawai telah menyita puluhan triliunan rupiah dana APBN.
Hal ini sebagaimana dilansir dari laman Masa depan pendidikan dengan Info Pendidikan :
"Efisiensi di sektor belanja pegawai diharapkan bisa‎ memperbesar dukungan kepada peningkatan kualitas layanan publik," kata Bima sebagaimana dilansir JPNN (Jumat, 8/1).
Walaupun demikian, Bima mengatakan jika rasionalisasi ituakan dilaksanakan dengan hati-hati. Hal ini jangan sampai PNS yang berkualitas‎ justru yang terjaring dalam proses rasionalisasi sehingga birokrasi menjadi rugi. Menurutnya, proses rasionalisasi dilakukan dengan ekstra hati-hati agar birokrasi tidak rugi karena kehilangan aset SDM yang kompatibel mendukung realisasi kinerja pemerintah.
Dengan begitu, bagi para PNS yang merasa dirinya ‘tidak berkualitas’, bersiap-siaplah jika suatu saat pemerintah mendupak. Meskipun, batasan ‘tidak berkualitas’ itu seperti apa, belum ada informasi yang bisa disampaikan disini.
Sementara yang merasa dirinya merupakan PNS yang berkualitas, semoga saja bisa menularkannya kepada rekan-rekan yang lain. Salam hormat dari Nadi Guru…!

Artikel Terkait

Waspada! PNS Tidak Berkualitas Akan Didupak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!