#3 Tugas Utama Guru

loading...
loading...
Tugas Utama Guru
Ilustrasi Seorang Guru
Nadi Guru – Seorang guru dalam menjalankan tugasnya di sekolah, tentunya harus didasarkan dengan keikhlasan. Setidaknya, terdapat tiga tugas utama seorang guru di sekolah yaitu mengajar, mendidik, dan melatih seperti yang dilansir dari artikelguru.com (Selasa, 2 Februari 2016). Berikut adalah penjelasannya.
Baca juga : Ciri Guru Profesional

1. Mengajar
Mengajar merupakan suatu kegiatan guna mentransfer (menyampaikan) ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Penyampaian ilmu pengetahuan terhadap peserta didik harus sesuai dengan  disiplin ilmu yang diampunya. Guru yang pendidikannya Matematika, pasti akan merasa kesulitan untuk menyampaikan pengetahuan yang berhubungan dengan Fisika, Biologi, atau mata pelajaran lainnya. Pasalanya, sasaran dalam tugas ini adalah aspek kognitif siswa. 
Namun, berbeda dengan guru yang tugasnya di sekolah dasar (SD). Karena semua mata pelajaran telah menjadi tanggung jawabnya, kecuali untuk mata pelajaran khusus seperti Agama dan Olahraga (Itu pun jika ada gurunya). Jika tidak, ya guru itu sendiri yang harus mengajarkannya pula. Dalam melaksanakan hal ini, diperlukan strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai agar tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai dengan maksimal.

2. Mendidik
Guru seringkali diidentikkan dengan pendidik. Ya, namanya pendidika pasti tugasnya adalah untuk mendidik. Mendidik memanglah termasuk tugas guru yang agak komplit dan rumit. Pasalnya, tugas ini berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang baik. Bagaimana mengubah sikap dan perilaku peserta didik untuk diarahkan ke arah yang lebih baik.
Apalagi, di kelas itu terdiri dari beberapa siswa dengan karakter dan tingkah laku yang beragam. Mengembangkan karakter dan tingkah laku peserta didik ke arah lebih baik, tidak bisa hanya diajarkan melalui doktrin-doktrin. Namun, dengan memberikan keteladanan dengan contoh-contoh yang baik dan nyata dari seorang guru dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini jelas, bahwa sikap guru harus mencerminkan berkepribadian yang baik berdasarkan norma-norma yang berlaku.

3. Melatih
Bukan hanya mengajar dan mendidik, tetapi guru juga bertugas untuk melatik para peserta didiknya. Tugas guru dalam hal melatih, tentunya berbeda dengan seorang pelatih lainnya. Tugas guru ini sejalan dan memiliki sifat sinergis. Artinya, melatih kemampuan peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. 
loading...

Artikel Terkait

#3 Tugas Utama Guru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!