NADI GURU BLOG

#4 Cara Menghadapi Guru Jutek

Posted by Dede Taufik on Saturday, 13 February 2016

guru jutek
Ilustrasi guru jutek
Nadi Guru – Pada kesempatan sebelumnya, Nadi Guru telah berbagi informasi terkait dengan #5Tipe Guru yang Selalu Diingat oleh Siswanya. Nah, kali ini Nadi Guru akan mencoba kembali untuk membagikan informasi tentang Cara Menghadapi Guru Jutek. Pastinya, setiap guru itu memiliki ciri khas masing-masing dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Ada guru yang humoris, baik, dan mungkin saja ada guru yang jutek.

Bisa jadi, guru jutek itu  tidak disukai oleh siswanya, namun pasti juga ada yang menyukainnya. Biasanya, para siswa yang diajar oleh guru jutek itu, mematuhi peraturan-peraturannya dalam pembelajarannya dikarenakan 'terpaksa'. Apakah di sekolahmu ada guru jutek? Nah, berikut ini adalah tips ketika kamu tengah menghadapi guru jutek di kelas. Seperti yang Nadi Guru kutip dari laman panjipluembond.blogspot.co.id.

1. Patuhi Perintahnya
Cara yang pertama adalah kamu harus mematuhi segala perintahnya, jangan mengelak. Lakukan apa yang diperintahkan oleh guru jutek kamu jika kamu tidak ingin dihukum oleh guru tersebut. Misalnya saja, guru itu menginginkan kamu untuk mengerjakan soal nomor 6 (enam). Maka kamu jangan bilang 'tidak bisa', apalagi kalau bilang 'belum selesai' atau kamu akan berhadapan dengan guru jutek itu. Namun tentunya, perintah itu juga harus diseleksi untuk ditaati. Apabila perintahnya negative, jangan dituruti. Misalnya saja, tentang perilaku-perilaku yang menyimpang karena saat ini telah banyak kabar akan hal itu.

2. Patuhi Peraturannya
Cara kedua yang harus kamu perhatikan, pada saat menghadapi guru jutek di kelas yaitudengan mematuhi segala peraturannya. Misalnya saja, jika guru kamu yang jutek itu masuk ruangan kelas dan mulai menyebutkan peraturan-peraturan selama pembelajaran. Jangan pernah kamu melanggar peraturannya. Contohnya : peraturan tentang 'Jangan Bercanda', 'Jangan Mengobrol', 'Jangan Tidur' dan lainnya harus kamu patuhi.

3. Hindari Perbuatan yang Tidak Disukai
Cara ketiga adalah kamu harus menghindari berbagai perilaku yang tak disukai oleh guru kamu yang jutek. Dalam hal ini, pasti saja ada siswa yangmempunyai perbuatan-perbuatan yang bahkan tidak disukai oleh guru. Misalnya saja, perilaku mencontek, bercanda dan lain-lain. Coba untuk dihindari perbuatan-perbuatan tersebut kepada guru kamu yang jutek itu. Hal ini akan membuat kamu dipandang oleh guru jutek itu bahwa kamu adalah murid yang patuh.

4. Hilangkan Segala Perasaan Negatif dari Guru Tersebut
Cara terakhir adalah kamu harus menghilangkan segala perasaan negatif dari guru kamu. Hilangkan dan coba ambil yang positif. Misalnya saja, kamu tahu ternyata guru kamu itu jutek, hilangkan! Coba bayangkan saja jika guru kamu yang jutek itu baik, sopan, dan tidak jutek. Maka nanti dalam pikiran kamu tak akan muncul rasa negatif dan nervest selama mengikuti pembelajarannya.

Previous
« Prev Post

Related Posts

12:25:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!