NADI GURU BLOG

#5 Cara Menjadi Guru yang Diidolakan Siswa

Posted by Dede Taufik on Friday, 19 February 2016

guru idola
Ilustrasi Guru Idola
Nadi Guru – Guru adalah sosok yang digugu dan ditiru. Pastinya, sosok guru itu pantas untuk dijadikan sebagai idola bagi para siswanya. Nah, mengutip dari novehasanah.blogspot.co.id, terdapat beberapa cara untuk menjadi seorang guru yang diidolakan. Namun, Nadi Guru mencoba untuk merangkumnya menjadi 5 cara.

Berikut adalah 5 Cara Menjadi Guru yang Diidolakan Siswa, silahkan disimak!
1. Peduli pada siswa  
Setiap siswa mempunyai masalahnya masing-masing. Bahkan, mereka juga mempunyai masalah di dalam kelas. Maka, guru itu harus peduli terhadap permasalahan yang mereka alami. Dengan peduli kepada siswa, bisa jadi guru akan membantu meringankan atau bahkan menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi tersebut.

2. Mendengarkan siswa
Tak sedikit jika di kelas itu bisa memunculkan pro-kontra, sehingga ide-ide baru tentang kelas anda. Cobalah untuk mendeengarkan siswa anda jika mereka berpendapat tentang kelas dan pembelajaran anda. Ide-ide dan masukan dari siswa tersebut bisa menjadi referensi dalam memperbaiki kelas dan pembelajaran anda.

3. Menjadi Guru dengan ‘Sense of Humor’
Berbagai riset yang dilaksanakan di barat, ternyata membuktikan bahwa guru idola itu adalah guru yang memiliki ‘sense of humor’ yang baik. Ketika Guru berkomunikasi dengan siswanya, sesekali harus menggunakan humor. Perludiketahui jika humor bisa mengakrabkan guru dengan siswa. Dan membuat pembelajaran yang awalnya tegang menjadi rileks kembali.

4. Menunjukkan Mood yang Bagus
Dengan mood yang bagus bisa berpenampilan prima ketika di depan siswa. Tunjukkanlah selalu kalau guru selalu dalam mood yang bagus. Dengan begitu, guru akan menjadi pribadi yang menarik, hangat, dan antusias.

5. Menunjukkan Rasa Kasih Sayang  
Guru merupakan orangtua kedua bagi siswa, setlah orangtuanya. Guru adalah orang pertama yang akan didatangi siswa jika sedangmengalami masalah ketika berada di sekolah. Dengan begitu, maka sayangilah mereka mereka sebagaimana menyayangi anak sendiri.

Semoga artikel yang sederhana ini tentang 5 Cara Menjadi Guru yang Diidolakan Siswa bisa memberikan manfaatnya. Aminnn… 

Previous
« Prev Post

Related Posts

14:16:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!