NADI GURU BLOG

#5 Kebiasan Belajar yang Salah

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 2 February 2016

Kebiasan Belajar yang Salah
Ilustrasi Kebiasan Belajar yang Salah
Nadi Guru – Gaya belajar seseorang memang berbeda-beda. Hal itu sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing, seperti Visual (melihat), Auditorial (Mendengarkan), dan Kinestetik (Gerakan). Namun, terdapat beberapa kebiasaan yang salah (kurang tepat) ketika siswa itu belajar di rumah. Dikutip dari Mantrapendidikan.com, berikut adalah kebiasaan-kebiasaan unik yang seringkali dilakukan oleh siswa.

1. Belajar hanya ketika ada ujian di sekolah
Kebiasan belajar yang salah pada urutan pertama adalah anak cenderung belajar hanya ketika mendapat tugas rumah ataupun akan menghadapi ujian di sekolah. Biasanya, mereka melakukan kebiasan SKS (Sistem Kebut Semalam). Mereka suka merapel materi pelajaran untuk diulang ketika akan ulangan di sekolah. Ini, hal yang salah karena kemampuan otak dalam menerima dan mengingat sesuatu informasi sangatlah terbatas. Apalgi, dengan situasi dan kondisi di sekitar rumah yang tidak mendukung.

2. Belajar sambil mendengar musik atau menonton televisi
Seringkali ketika anak belajar di rumah, sambil mendengar musik kesukaannya. Menggunakan headset maupun langsung dari pemutar musik mereka. Selain itu, ada juga yang belajarnya sambil menonton siaran televisi (TV) pada acara favoritnya.

3.Belajar sambil memainkan telepon seluler atau gadget
Dewasa ini, seiring dengan kemajuan teknologi. Perangkat seluler sudah sangat dekat dengan anak, apalagi dengan banyaknya sosial media yang diakses. Sambil belajar mereka berkirim sms dengan teman. Ada juga yang belajar sambil online; buka facebook, twitter,dan lain-lain.

4.Belajar karena takut pada orangtua
Jika anak belajar karena takut pada orangtua, makan anak akan belajarnya jika disuruh orangtua. Anak yang malas belajar, sering berpura-pura belajar pada saat disuruh atau diawasi oleh orangtua. Perilakupura-pura belajar ini, justru akan merugikan anak sendiri.

5.Belajar sambil tiduran
Nah, untuk kebiasaan belajar yang salah pada urutan terakhir adalah belajar sambil tiduran. Belajar sambil tiduran memang bisa dikatakan menyenangkan. Mungkin saja, ada yang belajar tengkurap, telentang, sehingga buku bacaan terlalu dekat dengan mata. Kondisi ini secara jelas bisa membuat mata terasa perih dan cepat lelah, dan nantinya mata menjadi rusak.

Itulah 5 kebiasaan belajar yang salah yang bisa Nadi Guru bagikan, semoga bisa bermanfaat sehingga kebiasaan belajar yang salah itu bisa dirubah menjadi kebiasaan belajar yang baik. Hal itu guna menggapai masa depan yang baik. 

Previous
« Prev Post

Related Posts

11:22:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!