#5 Penyakit Guru yang Berbahaya

loading...
loading...
penyakit guru
Nadi Guru – Pada beberapa waktu lalu, Nadi Guru pernah berbagi informasi tentang #5 TipeGuru yang Selalu Diingat oleh Siswanya. Nah, kali ini Nadi Guru akan mencoba untuk berbagi informasi terkait dengan beberapa penyakit guru yang berbahaya jika tidak segera diobati. Informasi ini Nadi Guru kutip dari laman mbi-au.sch.id dan kemudian dikembangkan sendiri.
Baca juga : #3 Tugas Utama Guru

Adapun beberapa penyakit guru di tersebut adalah sebagai berikut:
1. KUDIS : KUrang DISiplin
Sikap disiplin merupakan sesuatu hal yang perlu dimiliki oleh seorang guru. Guru yang baik, pastinya akan mengutamakan sikap kedisiplinan ini sebagai bentuk tanggung jawabnya. Berbicara tentang disiplin guru sebenarnya sangat banyak, baik yang berkenaan dengan pembelajaran, pakaian, maupun jam datang dan jam pulang, serta masih banyak yang lainnya.

2. ASMA : ASal Masuk kelAs
Mungkin ada yang beranggapan jika kalau guru masuk kelas dan tidak membawa buku adalah guru yang hebat. Padahal, setiap kegiatan pembelajaran siswa selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut harus dicatat. Bukan hanya itu, sebelum masuk ke dalam kelas, alangkah baiknya jika guru mempersiapkannya lebih awal. Dari mulai materinya, alat peraganya, dan juga penunjang pembelajaran itu sendiri.

3. TBC : Tak Bisa Computer
Penyakit yang berikutnya adalah TBC. Ya benar TBC adalah Tak Bisa Computer. Penyakit ini tak bisa dimungkiri masih mengidap di sebagaian besar guru, khususnya guru yang sudah senior. Senior disini adalah usianya sudah tua yang terkadang motivasi untuk belajar menguasai computer sudah tidak ada. Mereka semua lebih memilih untuk memanfaatkan guru yang lebih muda dalam mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan computer tersebut.

4. KUSTA : KUrang STrAtegi
Strategi sangat dibutuhkan dalam segala hal, termasuk dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan menggunakan strategi yang tepat, diharapkan bisa lebih besar menggapai tujuan yang telah ditetapkan. Baik dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun Tujuan Sekolah secara umumnya.

5. LESU : LEmah SUmber
Penyakit yang terakhir adalah LESU atau LEmah SUmber. Penyakit ini bisa sangat berbahaya karena akan mempersempit pengetahuan untuk diberikan kepada peserta didik. Apalagi, tak sedikit ilmu pengetahuan yang telah mengalami perubahan. Jika sumbernya terbatas, maka pengetahuannya pun akan terbatas. Dewasa ini, sebenarnya mudah sekali untuk mendapatkan sumber, baik dari buku, surat kabar, maupun internet. Yang terpenting adalah berpikir kritis untuk menganalisis juga kebenaran dari informasi itu. 
loading...

Artikel Terkait

#5 Penyakit Guru yang Berbahaya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!