#6 Tips Membentengi Anak dari Pelecehan S3ksual

loading...
loading...
Nadi Guru – Belakangan ini, masalah pelecehan s3ksual terhadap anak sedang marak terjadi. Banyak media yang memberitakan seputar pelecehan s3ksual tersebut. Dengan begitu, selaku orangtua kita harus selalu waspada terhadap berbagai hal yang tak diinginkan.
pelecehan seksual
Di bawah ini adalah beberapa tips atau cara untuk membentengi anak dari pelecehan s3ksual. Sebagamaimana yang dijelaskan olehpsikolog pendidikan dan anak Elizabeth Santosa, seperti dilansir dari Okezone.

1. Terlibat dalam kehidupan anak
Orangtua, diharuskan untuk mengetahui kegiatan anak sehari-hari. Dari mulai siapa temannya, guru, PRT, atau supirnya. Lalu bagaimana anak itu di sekolah dan di lingkungan sekitar rumah. Penting sekali bagi orangtua untuk terlibat dalam kehidupan anak sebagai bentuk supervisi dalam kegiatan anak.

2. Memahami tanda-tandanya
Pahami tanda-tanda pada anak kita, jika dirinya mengalami perubahan emosi. Walaupun perubahan perilaku yang ditunjukkan oleh anak sekecil apapun. Anak kerap tak nyaman atau takut menceritakan pengalamannya terhadap orangtua.

3. Berikan pendidikan s3ks sejak dini
Coba berikan pendidikan s3ks sejak dini, tentunya yang sesuai dengan usia yang komperhensif (kesehatan organ intim, psikologis, norma sosial, dan agama). Usia pra-pubertas anak bisa diberikan pengetahuan mengenai periode pubertas yang akan dialaminya menjelang remaja.

4. Mendidik anak pentingnya ‘jaga jarak aman’
Jaga jarak aman, mengingatkan kita kepada sosok Abah Rama dalam sinetron Anak JAlanan yang selalu mengingatkan untuk jaga jarak aman kepada Raya dengan Mondi. Nah disini juga jaga jarak aman sangat dibutuhkan. Tegaskan saja siapa yang boleh menyentuh tubuh anak Anda. Bagian tubuh mana yang tak boleh disentuh. Selain itu, larang juga jika anak untuk menyentuh orang lain.

5. Mendidik anak untuk berani mengatakan ‘tidak’
Ajarkan kepada anak untuk berani melaporkan apabila terjadi sesuatu yang melecehkan s3ksual. Yakinkanlah anak itu untuk tidak perlu takut dihukum atau merasa bersalah jika melaporkan masalah tersebut kepada orangtuanya.

6. Selalu berdiskusi
Tips yang terakhir adalah selalu melakukan diskusi bersama anak apabila ada fenomena yang terjadi di dalam masyarakat. Ajaklah anak kita untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Kita sebagai orangtua, harus memberikan pengarahan yang jelas kepada anak.

Sumber bacaan : Okezone
loading...

Artikel Terkait

#6 Tips Membentengi Anak dari Pelecehan S3ksual
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!