NADI GURU BLOG

Bijak Menghadapi Masalah

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 16 February 2016

Solat dan sabar
Ilustrasi Bijak Menghadapi Masalah
Hidup adalah masalah. Tak pernah menghadapi masalah, berarti kita tak hidup. Namun, jangan pernah menjadikan diri untuk bermasalah. Hampir setiap sesuatu itu berurusan dengan masalah. Kita makan saja, diawali dengan masalah karena lapar. Kita bekerja, diawali masalah karena ingin memenuhi kebutuhan hidup.
Masalah, memang begitu dekat dengan kita. Namun, bijaklah dalam menghadapi masalah tersebut. Jangan sampai karena adanya masalah, kita menjadi lupa diri dan lupa juga untuk mencari solusinya. Apalagi, menjadikan diri kita terpuruk dan hilangnya rasa percaya diri. Jangan pernah hal itu terjadi!
Seringkali orangtua memberikan pepatah kepada saya jika cara menghadapi masalah itu ada dua, yaitu sholat dan sabar. Katanya, “Jika kamu sedang mempunyai masalah maka segerakanlah sholat dan pastinya harus bersabar dalam menghadapi itu semua”.
Secara pribadi, saya mengucapkan terima kasih banyak bagi semua orang yang telah memberikan saran dan perhatiannya. Pada dasarnya, kita sebagai manusia itu sangat butuh sekali untuk saling memberikan perhatian. Saling mengingatkan jika ada yang berbuat salah, baik yang disengaja maupun yang tidak.
Jangan malah sebaliknya, yaitu ‘mencari kesalahan orang lain’. Apalagi, jika kesalahan itu digunakan untuk mengangkat kewibawaannya sendiri di depan orang lain. Ya, pastinya sih tak menutup kemungkinan jika hal itu terjadi. Secara, untuk ‘mencari muka’ agar dirinya dipandang lebih baik dan lebih benar daripada orang lain.
Padahal, jika ditanggapi secara bijak. Biasanya, orang yang seringkali mencari kesalahan orang lain, itu sebenarnya untuk menutupi kesalahannya sendiri. Sehingga, jika dirinya sudah dianggap benar. Maka, ketika dirinya berbuat salah pun, tak pernah mendapat lirikan atau dipermasalahkan.
Ya intinya, masalah itu harus dihadapi dengan bijak. Bagi yang menjalaninya, yakinlah jika masalah itu adalah proses untuk pendewasaan. Bijaklah dalam menghadapi permasalahan itu, agar tetapi bisa menuai kebajikan. 

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:19:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!