NADI GURU BLOG

Cara Menjadi Guru Humoris

Posted by Dede Taufik on Thursday, 11 February 2016

guru humoris
Ilustrasi Guru Humoris 
Nadi Guru - Senior saya namanya Bapak Agus, beliau terkenal dengan sosok seorang guru yang penuh humoris. Namanya Agus, seringkali dijadikan sebagai guyonan oleh dirinya dengan mengakronimkan menjadi Agak GUndul Sebelah. Cocok sih, karena rambut di kepalanya memang gundul ke sebelah depan hehehe.

Namun, bukan masalah kegundulannya yang menjadi humoris. Melainkan, banyak hal ilmu yang bisa didapat dari beliau untuk menjadi seorang guru yang disenangi oleh siswa. Seringkali, saya bertanya kepada siswa di tempat saya mengabdikan diri, yaitu bimbingan belajar Ganesha Operation (GO) Unit Citapen, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pertanyaannya itu adalah, siapa guru yang paling kalian sukai?
Hampir semua jawaban dari siswa, serentak menjawab jika guru yang paling disukai adalah Bapak Agus. Tentunya, tak puas sampai jawaban disitu. Penulis pun mengajukan kembali pertanyaan kepada siswa. Mengapa kalian sangat menyukai Pak Agus? Kebanyakan dari siswa menjawab, jika beliau merupakan guru yang humoris. Selain itu, materi yang diajarkan oleh beliau bisa mudah dimengerti oleh siswa.
Selain menjadi guru di bimbingan belajar GO, beliau juga merupakan guru di sekolah favorit yang ada di Kota Tasikmalaya, yaitu SMP Negeri 1 Tasikmalaya. Dengan tambahan tugasnya adalah sebagai Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) di bidang kesiswaan.
Menurutnya, menjadi guru humoris tidaklah sulit. Banyak-banyaklah belajar dari seseorang yang dianggap oleh kita kalau dia itu adalah humoris dan patut ditiru kehumorisannya. “Cuma, yang menjadi catatan terpenting adalah humor kita jangan sekali-kali bermaksud untuk menjatuhkan siswa, seperti halnya membully atau meledek siswa, apalagi di tempat banyak orang”. Ungkapnya saat penulis tanya tentang cara menjadi guru humoris.
Baca juga : #3 Tugas Utama Guru

Mengapa pentingnya menjadi guru yang humoris? Menurut Darmansyah (2011), terdapat empat manfaat humor dalam pembelajaran yaitu:

1. membangun hubungan dan meningkatkan komunikasi antara guru dan murid
Suasana yang sebelumnya tegang, menakutkan dan bahkan mencemaskan. Dengan selingan humor semuanya akan kembali mencair, bersahabat, dan siswa akan bergairah kembali untuk mengikuti pembelajaran di kelas.
Pada saat guru melakukan humor, telah menunjukkan bahwa Ia secara tidak langsung membuka suasana yang terbuka. Baik antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa.

2. Mengurangi stress
Jenuhnya menjalani rutinitas sekolah dari pagi hingga siang, bahkan sampai sore untuk sekolahnya yang full day tak urung membuat siswa menjadi stress. Bahkan bukan hanya siswa sendiri, tetapi gurunya pun bisa ikut-ikutan stress.
Sebab itu, melalui humor yang disisipkan dalam pembelajaran bisa membuat semuanya tertawa dan terlepas dari sekat-sekat psikologis. Sekat itu yang bisa menghambat proses pembelajaran seperti: malu, tertekan, dan takut. Secara sederhananya, tertawa bisa membuat otak kita menjadi segar dan sehat sehingga terhindar dari stress.

3. Membuat pembelajaran menjadi menarik
Suasana pembelajaran yang diselingi dengan humor akan menjadi suasana yang menyenangkan dan kelas menjadi hidup. Siswa tidak akan merasa jenuh, bahkan siswa akan merasa jika waktu yang disediakan untuk belajar bersama guru yang humoris itu masih kurang.
Beda halnya dengan yang monoton, sebanyak apapun pengetahuan yang diinformasikan kepada siswa. Siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena kurangnya gairah belajar dan suasana yang tertekan.

4. Meningkatkan daya ingat suatu materi pelajaran
Suasana yang nyaman, menyenangkan, dan penuh keakraban mampu memunculkan kegairahan bagi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan suasana seperti itu bisa membuat siswa lebih mudah mengingat dan memahami materi pelajaran yang disampai oleh guru.
Tanpa adanya tekanan yang mengganjal dalam diri siswa, materi yang diajarkan oleh guru akan mengalir ke dalam otak siswa. Materi tersebut akan dicerna dan tersimpan dalam memori otaknya. Sehingga, daya ingat siswa menjadi lebih kuat.

Previous
« Prev Post

Related Posts

14:08:00

1 komentar:

  1. Hello, i am glad to read the whole content of this blog and am very excited and happy to say that
    the webmaster has done a very good job here to put all the information content and information at one place

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    Dr Rochelle Skin Expert
    cream pemutih wajah
    produk kecantikan wajah
    kosmetik wajah
    pemutih wajah
    anak perempuan cantik

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!