Musim Hujan dan Dampaknya

loading...
loading...
Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup pasti akan kesulitan. Bahkan lebih dari itu, makhluk hidup bisa mengalami kepunahan.
hujan
Ilustrasi hujan
Saat ini, kita sedang memasuki musim hujan. Hampir setiap hari, hujan selalu turun. Biasanya, di Tasik sendiri hujannya di sore hari. Nah, hujan yang mengguyur tiap hari dengan derasnya itu. Terkadang membuat air yang ada itu menjadi berlebihan. Memanglah berlebihan itu kerap kali berdampak tidak baik.
Salah satu dampaknya adalah banjir. Ya, banjir ini menjadi penampakkan biasa karena hampir tiap hari melihatnya ketika hujan yang turun itu deras. Entah itu karena di Kota kurang atau sangat kurang resapan air. Di samping itu, saluran air pun tidak lancar karena bangunan-bangunan yang pada kokoh.
Bukan hanya banjir, bagi daerah yang bertebing, akibat hujan deras itu adalah longsor. Terjadinya, karena kurangnya penyokong tebing itu. Pepohonannya langka, yang ada hanyalah rumput-rumput yang tumbuh dengan subur.
Untuk mengantisipasi dampak air yang berlebihan, biasakanlah diri untuk melestarikannya. Buanglah sampah pada tempatnya dan hindari diri untuk membuang sampah ke sungai.
Sementara untuk longsor, tanamlah pepohonan di daerah yang rawan itu agar akar-akarnya bisa menyokong terhadap tanah tersebut.
loading...

Artikel Terkait

Musim Hujan dan Dampaknya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!