NASA Akan Mendaratkan ‘Insight’ di Mars di Tahun 2018

loading...
loading...
Nadi guru – NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat telah mengumumkan sebuah misi terbarunya ke publik. Hal itu dilakukan untuk menjawab secara langsung di tengah-tengah kontroversi misi berawak ke Planet Mars.
Mars NASA
Sumber gambar : Viva.co.id
Seperti dilansir dari VIVA (11/02/2016), jika NASA telah memutuskan jika pada 2018, akan mendaratkan wahana antariksanya yaitu ‘Insight’ di Mars. Padahal sebelumnya, jika Insight itu direncanakan untuk mengawali misinya dengan terbang ke Mars, pada bulan Maret 2016 sekarang.
Namun, dikarenakan adanyakebocoran instrumen terhadap komponen utamanya. Maka peluncuran itu akhirnya ditunda. Walaupun begitu, NASA tetap berupaya untuk memperbaiki kerusakan pada wahananya itu.
Selanjutnya NASA pun menetapkan bahwa pada pertengahan 2018, akan meluncurkan Insight ke Mars. Untuk bulan depan, NASA akan segera merilis sebuah titik pendaratan untuk robot antariksa tersebut guna sebagai tempat awal dalam mengeksplorasi Mars.
David Radzanowski selaku Direktur Keuangan NASA, mengatakan : "Kami masih menilai Insight. Kami membuat keputusan dalam jangka Maret ini, apakah kita akan melanjutkan dukungan terhadap Insight untuk meluncurkannya (ke Mars) pada 2018, atau pergi ke rute lainnya,".
Penunjukkan sikap pesimistis dari tim NASA itu, dikarenakan pada sebelumnya mereka pernah dikritik secara bertubi-tubi. Salah satunya yaitu berasal dari Komite Sains, Antariksa, dan Teknologi dari Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. NASA dihimbau untuk tidak mengikuti ambisi dalam mengirim sebuah misi berawak ke Mars dan kemudiandisarankan untuk menjelajah Bulan lagi.
Namun, di tengah desakan itu nampaknya NASA tetap berkeinginan untuk mengeksplorasi Mars. Melalui Insight, diharapkan bisa memberikan informasi lebih mengenai data-data akurat soal planet tetangga Bumi itu. Insight yang merupakan kepanjangan dari Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy, and Heat Transport ini memakan biaya total US$675 juta untuk memproduksinya.
loading...

Artikel Terkait

NASA Akan Mendaratkan ‘Insight’ di Mars di Tahun 2018
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!