Perubahan Ekosistem secara Alamiah dan Akibat Ulah Manusia

Nadi Guru - Seiring dengan terus berubahnya waktu, lingkungan pun selalu mengalami perubahan. Lingkungan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di luar individu. Apabila kita berada di sekolah, maka lingkungan kita itu yaitu segala sesuatu yang berada di sekolah.
Makhluk hidup selalu melakukan interaksi dengan lingkungan.Nah, interaksi antara makhluk hidup dan yang tidak hidup pada suatu tempat tertentu disebut dengan ekosistem.
Apabila suatu lingkungan mengalami perubahan, maka ekosistem yang terdapat di situ pun akan mengalami perubahan. Kali ini, Nadi Guru akan menyajikan tentang perubahan lingkungan secara alamiah. Artinya, perubahan yang terjadi pada lingkungan itu tidak adanya campur tangan manusia. Bisa dikatakan pula sebagai perubahan yang disebabkan oleh alam. Selain itu juga, perubahan ekosistem yang disebabkan oleh manusia.

1. Perubahan Ekosistem secara Alamiah
Seperti yang kita ketahui bersama, apabila akhir-akhir ini seringkali terjadi bencana alam berupa gunung meletus atau gempa bumi. Peristiwa itu bisa menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem. Misalnya saja, di sekitar hutan Gunung Merapi di Jawa Tengah, banyak hewan, tumbuhan, maupun makhluk hidup lainnya yang hidup di sana. Apabila terjadi gunung meletus di Gunung Merapi, maka makhluk hidup di sana akan banyak yang mati. Coba perhatikanlah ilustrasi meletusnya gunung berapi di bawah ini:
gunung meletus
Ilustrasi Gunung Meletus

Selain bencana alama meletusnya gunung berapi, ada juga bencana alam lainnya yaitu gempa. Dengan peristiwa alam yang terjadi, ekosistem akan berubah secara drastis. Dalam sebuah ekosistem, jika salah satu makhluk hidup berkurang makan akan mempengaruhi keadaan makhluk hidup yang lainnya.
Gempa Bumi
ILustrasi Gempa Bumi

Peristiwa alam lainnya yang bisa merusak kesimbangan ekosistem adalah kebakaran hutan. Kebakaran hutan baik yang disengaja maupun tidak sengaja pun bisa mengakibatkan kerusakan ekosistem yang ada di dalamnya. Bahkan, bisa memusnahkan makhluk hidup yang ada disana.


Kebakaran Hutan
Ilustrasi Kebakaran Hutan

2. Perubahan Ekosistem yang Disebabkan Manusia
Manusia seringkali berusaha agar kebutuhan hidupnya bisa terpenuhi. Salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya yaitu dengan memanfaatkan alam dan lingkungannya. Nah, terkadang atau bahkan seringkali terjadi jika dalam memanfaatkan alam itu. Manusia melakukannya secara berlebihan. Tanpa memikirkan terlebih dahulu dampaknya.
Tak sedikit kegiatan manusia yang dapat menyebabkan perubahan ekosistem, bahkan merusaknya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar-gambar perubahan ekosistem yang disebabkan oleh manusia di bawah ini!
Perubahan Ekosistem secara Alamiah dan Akibat Ulah Manusia

Perubahan Ekosistem secara Alamiah dan Akibat Ulah Manusia

Perubahan Ekosistem secara Alamiah dan Akibat Ulah Manusia

Sumber bacaan : Bse

Artikel Terkait

Perubahan Ekosistem secara Alamiah dan Akibat Ulah Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...