#5 Indikator Sekolah yang Menyenangkan

Nadi Guru – Sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu bagi peserta didik. Agar ilmunya dapat diserap dengan baik, maka peserta didik harus merasa nyaman dan senang ketika tinggal di sekolah.
#5 Indikator Sekolah yang Menyenangkan
Di bawah ini adalah beberapa indicator sekolah yang menyenangkan yang dilansir viva.co.id.

1. Pembelajaran
Pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan di ruang kelas (intrakurikuler) maupun juga yang dilakukan di luar ruangan kelas (ekstrakurikuler) harus menyenangkan bagi peserta. Peserta didik harus merasa nyaman berada di ruang kelas untuk mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, guru yang profesional dan juga berbagai fasilitas belajar harus memadai, karena hal itu akan menjadi unsur penting terciptanya suasana dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didiknya.

2. Lingkungan fisik sekolah
Lingkungan sekolah tidak boleh kotor, tetapi harus  bersih, rapi, dan juga hijau. Kondisi seperti itu akan dapat membuat peserta didik merasa nyaman ketika berada di sekolah. Ruangan kelas pun sebagai tempat proses pembelajaran harus terasa nyaman oleh peserta didik. Selain itu, taman kelas dan juga taman di lingkungan sekolah yang hijau, bisa menjadikan pikiran seluruh warga sekolah menjadi tenang.

3. Lingkungan sosial
Lingkungan sosial antara warga sekolah juga turut serta menentukan sekolah sebagai suatu tempat yang menyenangkan. Di sekolah, harus terjalin suatu komunikasi sosial yang harmonis antara guru dan kepala sekolah (Kepsek), guru dengan siswa, dan juga siswa dengan siswa.

4. Disiplin sekolah
Aturan dan juga tata tertib siswa, guru, maupun personil lainnya menjadi perangkat penting di sekolah. Semua itu disertai perangkat sanksi dan hukuman yang tegas. Apabila terdapat pelanggaran, maka sanksi itu harus diberikan sesuai dengan jenis kesalahannya.

5. Kegiatan ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang disukai oleh peserta didik. Ekstrakurikuler juga bisa menjadi alat untuk membentuk watak bagi peserta didik. Manfaatnya sangat besar yaitu bisa menciptakan kemandirian bagi peserta didik. 

Artikel Terkait

#5 Indikator Sekolah yang Menyenangkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...