Apa Akibatnya Jika Kita Kecanduan Smartphone? Simak Penjelasannya Disini

loading...
loading...
Nadi Guru – Berdasarkan hasil studi di Amerika Serikat (AS), ternyata sekitar 50 persen dari masyarakatnya tidak bisa hidup tanpa smartphone.  Begitu pula di Indonesia, mungkin tak jauh berbeda untuk ukuran pada masa sekarang. Kedekatannya sudah sangat akrab di dalam kehidupan kita.
Apa Akibatnya Jika Kita Kecanduan Smartphone? Simak Penjelasannya Disini
Ilustrasi Kecanduan Smartphone
Pada awalnya, masyarakat disana tak pernah menyadari. Namun, setelah adanya sebuah study yang dilakukan. Hal tersebut menjadi penting. Mengapa? Karena ternyata smartphone tersebut memberikan dampaknya bagi tubuh, khsusnya bagi otak.
Seorang psikolog yang bernama Sherry Turkle, menuturkan bahwa dengan adanya sifat adiktif yang dimiliki oleh kita terhadap smartphone, kita bisa menjadi ‘intoleran’ terhadap kesendirian.
"Otak kita jadi sangat-sangat membutuhkan rangsangan secara konstan, dan mungkin itu adalah perubahan berbahaya yang terjadi pada otak kita," tuturnya seperti dilansir merdeka.com (22/03).

Diakui atau tidak, seringkali kita merasa ada yang kurang apabila tidak membawa atau ketinggal smartphone. Dan jika kita tak bisa lepas dari smartphone, maka berhati-hatilah. Pasalnya bisa berakibat buruk terhadap tubuh kita atau berbahaya.
Alasannya, jika hal itu dikaitkan dengan suatu pengambilan keputusan penting yang terdapat dalam hidup kita. Semakin terjangkit dengan teknologi, maka akan semakin sulit bagi otak kita untuk bisa tenang dan fokus.
Padahal sebenarnya, jika kedua hal itu merupakan hal yang dibutuhkan dalam mengambil suatu keputusan penting di dalam hidup ini. Kedekatan kita dengan teknologi, akan bisa melenyapkan kemampuan kita untuk bisa berfokus.
Apabila setiap waktu, kita selalu terhubung dengan smartphone. Otak kita seakan-akan tak sepenuhnya akan berhubungan dengan kesadaran kita sendiri. Selain itu, bisa jadi hilang motivasi untuk melakukan sikap yang rasional. Hal ini bukan akan jadi wabah, pasalnya kecanduan pada smartphone dapat diatasi.
Walaupun kita sendiri pastinya akan merasa kesulitan dikarenakan teknologi akan terus semakin maju yang pastinya juga akan semakin berdampak dalam kehidupan kita. Cara yang dilakukan untuk berhenti dari kecanduan terhadap smartphone memanglah akan cukup sulit. Salah satu caranya adalah dengan mengistirahatkan otak kita dari smartphone.

Kita harus mencoba dengan sengaja untuk beristirahat dariyang namanya teknologi. Apakah istirahat itu dilaku selama satu jam atau mungkin selama seharian penuh. Semakin lama kita istirahat dari smartphone. Maka, otak kita akan semakin mudah tenang dan berfokus diri, guna bisa mengambil keputusan yang lebih penting dalam hidup ini.
loading...

Artikel Terkait

Apa Akibatnya Jika Kita Kecanduan Smartphone? Simak Penjelasannya Disini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!