Benarkah Kepekaan Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Dunia Pendidikan Masih Rendah? Inilah Penjelasannya

loading...
loading...
Nadi Guru – Masih rendahnya kepekaan terhadap kesetaraan gender dalam dunia pendidikan. Pemerintah dan juga stakeholder harus mengembangkannya kembali. Hal itu terlihat dari masih belum jelasnya suatu arah strategi yang berhubungan dengan kesetaraan gender. Selain itu, kapasitas keahlian teknis yang terbatas dalam hal itu.
Kesetaraan gender

Menurut Suharti, selaku Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bahwa secara akses, memang telah tercapai kesetaraan tersebut, baik untuk anak laki-laki maupun juga anak perempuan yaitu dengan mempunhyai kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan.
Namun, hal itu nampaknya hanya sebagai langkah awal. Pasalnya, pada saat ini isu terkait dengan kesetaraan gender dalam dunia pendidikan harus dilihat lebih luas, terutama dalam segi pendekatan pembelajaran yang responsif gender.
“Sejauh ini pemahaman gender masih sebatas soal jumlah. Padahal isu kesetaraan gender dalam pendidikan adalah jauh lebih dalam dari itu. Salah satunya adalah bagaimana guru harus mampu melakukan interaksi yang lebih baik agar murid laki-laki dan perempuan mendapatkan perlakukan yang adil,” ujar Suharti seperti dilansir pikiran-rakyat.com.

Kesetaraan gender dalam pendidikan seperti halnya kesempatan belajar, serta pencapaian hasil belajar untuk murid laki-laki maupun perempuan saat ini masih menjadi tantangan utama bagi pemerintah. Kesetaraan gender tersebut mencakup dalam hal-hal pendekatan pembelajaran, kurikulum, pengembangan guru, hinga pencapaian hasil pembelajaran. Dan selama ini, pembangunan dalam kesetaraan gender tersebut seringkali terlewati.

Sementara itu, Najelaa Shihab sebagai penggiat pendidikan,  mengatakan jika salah satu faktor yang membuat kepekaan terhadap kesetaraan gender di dalam pendidikan masih rendah. Yaitu dikarenakan figure atau tokoh yang mendalami tentang bidang itu masih sangat sedikit. Untuk itu, guna menrapkan dan mempertahankan kesetaraan gender. Nampaknya ketersediaan pakar gender menjadi sesuatu yang mendesak bagi pemerintah. 
loading...

Artikel Terkait

Benarkah Kepekaan Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Dunia Pendidikan Masih Rendah? Inilah Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!