NADI GURU BLOG

Guru Tak Boleh Cuek Terhadap Siswa Demi Wujudkan Internet Sehat

Posted by Dede Taufik on Monday, 14 March 2016

Nadi Guru – Salah satu perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang tak bisa terelakkan lagi adalah internet. Keberadaan internet begitu berkembang dengan cepatnya. Saat ini, hampir sebagian besar penduduk di Indonesia sudah menggunakan internet.
Internet sehat

Di dalam dunia pendidikan, guru tidak boleh cuek terhadap siswanya. Hal ini guna mewujudkan penggunaan internet yang sehat. Maksudnya, internet digunakan untuk mencari informasi yang baik, dan digunakannya pula untuk kegiatan yang baik.
Para guru di sekolah, diharapkan bisa memberikan pendidikan yang baik terhadap siswanya, baik secara formal maupun nonformal. Walaupun tak sedikit sekolah yang telah menetapkan aturan untuk memberikan batasan siswa dalam mengakses internet. Tapi, peran guru sangat penting dalam memberikan pendampingan.
“Kalau guru cuek pada siswanya, nanti siswanya malah semakin aktif memakai internet,” ungkap Psikolog Seto Mulyadi saat dihubungi Okezone, seperti dilansir siapbelajar.com.
Berdasarkan penilaian Kak Seto, baik guru di sekolah maupun juga orangtua di rumah. Harus bisa mengkondisikan lingkungannya. Hal itu untk mendorong anak dan generasi muda dalam hal mempergunakan internet secara tepat.
Menurutnya, orangtua dalam memberikan pemahaman internet terhadap anak dan generasi muda. Sebaiknya, orangtua menghindari penggunaan anjuran yang sifatnya otoriter seperti melarang dengan tegas.
Tambah kak Seto, bahwa anak-anak itu menyukai nuansa persahabatan. Jad, salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengampanyekan internet sehat adalah dengan persahabatan. Tentunya persahabatan yang dibangun dengan anak, karena anak-anak biasanya tidak menyukai terhadap sesuatu yang sifatnya otoriter.

Previous
« Prev Post

Related Posts

09:13:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!