NADI GURU BLOG

Inilah Bedanya Antara Orang Muda dan Orang Tua

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 29 March 2016

Inilah Bedanya Antara Orang Muda dan Orang Tua

Nadi Guru - Drs. Wawan Samsul N., M.M.Pd. selaku Kepala Cabang Ganesha Operation (GO) Priangan Timur, pernah bertanya kepada seluruh pengajar dan karyawannya terkait perbedaan antara orang muda dan orang tua. Hampir setiap jawaban yang terlontar adalah karena adanya faktor usia.
Menurut beliau, seseorang dipandang sebagai orang muda atau tua tidak terbatas hanya pada faktor usia. Bisa saja, orang yang secara usia sudah tua namun dirinya masih dianggap muda dan begitu pula orang yang secara usia masih muda namun dirinya sudah tua. Beliau mengatakan, perbedaan antara orang muda dan orang tua itu sebenarnya adalah dalam hal ‘membaca’.
Pada awalnya, ketika penulis mendengar jawaban itu secara spontan mengerutkan dahi dan dalam hati bertanya-tanya, apa benar membaca itu bisa membedakan antara orang muda dan orang tua? Namun, setelah beliau menjelaskan lebih lanjut terkait jawabannya tersebut akhirnya penulis pun mengakui dan menyadari jika membaca merupakan suatu kegiatan yang bisa berdampak besar bagi pelakunya.
Sayangnya, hanya sedikit orang yang mampu memahami manfaat dari kegiatan membaca sehingga sebagian besar orang meninggalkan kebiasaan itu. Jika ditanya berapa jumlah buku yang sempat dibaca dalam satu bulan? Atau berapa jumlah buku yang dimiliki di rumah dan rutin untuk dibaca? Dapat dipastikan hanya sebagian kecil yang berani untuk menjawabnya dengan tegas.
Sementara sebagian besar lainnya, tak dimungkiri akan merasa kebingungan untuk mencari jawaban atas kedua pertanyaan itu. Alasan yang menjadi penyebab kurangnya membiasakan diri untuk membaca pastinya sangat beragam. Dari mulai sibuknya dalam pekerjaan sehari-hari, tak ada waktu untuk membaca, atau juga tak ada persediaan buku untuk dibaca. Bahkan yang lebih parah adalah malasnya untuk membaca.
Penulis juga menyadari dan mengakui jika secara pribadi tak mampu menjawab pertanyaan itu dengan tegas. Pasalnya, penulis sendiri tergolong orang yang malas dalam membaca. Tambah lagi, persediaan buku yang memang sangat terbatas dan bahkan penulis sendiri termasuk orang yang sangat jarang membeli buku.
 Jujur saja, sebuah pernyataan dari beliau yang menyatakan jika membaca bisa menjadi pembeda antara orang muda dan orang tua mampu memberikan inspirasi, khususnya bagi penulis sendiri. Meskipun dalam keadaan serba terbatas dari kepemilikan buku, bukan berarti harus terus mencari alasan untuk tidak memulai dalam membiasakan diri membaca. Apalagi di zaman yang serba canggih ini, media internet adalah salah satu cara efektif yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan sumber bacaan yang relevan.
Dengan begitu, melalui tulisan yang sederhana ini. Penulis mencoba untuk membagikan kembali suatu informasi yang sangat menginspirasi dan mengajak bagi semuanya untuk membaca. Khususnya bagi yang ingin dipandang sebagai orang muda walaupun dari segi usia sudah tua. Terkecuali, bagi yang ingin dipandang orang tua walaupun usianya masih muda. 

Previous
« Prev Post

Related Posts

22:58:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!