NADI GURU BLOG

Inilah Guru Terbaik di Dunia

Posted by Dede Taufik on Thursday, 17 March 2016

Hanan al-Hroub, Guru Terbaik di Dunia
Hanan al-Hroub, Guru Terbaik di Dunia
Nadi Guru -  Seorang guru yang dinobatkan sebagai guru terbaik di dunia adalah guru dari Palestina. Beliau merupakan seorang guru perempuan yang bernama Hanan al-Hroub. Atas prestasinya tersebut, beliau diberi hadiah sebesar 1 juta dolar AS pada gelaran Global Teacher. Hal itu diberikan karena dedikasinya terhadap dunia pendidikan.
Hanan menang unggul dari sepuluh nominator lainnya. Pasalnya beliau dinilai mampu memberikan inspirasi dalam mendidik anak-anak, terutama di lingkungan tempat tinggal yang rentan konflik sejak lahir. Pagelaran acara Global Teacher, yang digelar pada Minggu (13/3) lalu di Dubai, Uni Emirat Arab, itu diprakarsai oleh Yayasan Varkey Foundation.
Sebagaimana dilansir republika.co.id., jika acara ini sejajar dengan penghargaan Nobel dalam konteks pendidikan di dunia. Pada acara tersebut, orang-orang penting pun turut sera hadir. Seperti Pangeran William dari Inggris Raya, Perdana Menteri UEA Syekh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, dan Paus Franciskus.
Penulis buku ‘We Play and Learn’ tersebut mengajar di Sekolah Menengah Atas Samiha Khalil di al-Bireh, Palestina. Sementara di luar sekolah, beliau pun mendampingi anak-anak pengungsi Palestina dengan metode khusus yang ia rancang sendiri. Dengan sumbernya dari pengalamannya sendiri sejak kecil.
Menurut Hanas, dirinya memutuskan untuk menjadi guru setelah merasakan sendiri bagaimana anak-anaknya dilanda trauma seusai menyaksikan penembakan sepulang sekolah. Dalam pembelajarannya, Hanan menerapkan metode bermain. Dengan begitu, nantinya anak-anak didiknya dapat sembuh dari traumanya.
“Saya bangga menjadi perempuan Palestina, menjadi guru yang berdiri di panggung terhormat ini. Penghargaan ini saya terima sebagai kemenangan bagi semua guru di dunia, dan di Palestina khususnya,” kata Hanan sambil terharu.

Menurutnya, kita para guru adalah kekuatan sebenarnya di dunia. Kita bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.

Previous
« Prev Post

Related Posts

08:22:00

1 komentar:

  1. Pantas. She deserves it. True and inspiring teacher> Saluuuut.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!