Inilah Pesan SBY Untuk Jokowi Agar Terus Memerhatikan Kesejahteraan Guru

Nadi Guru - Susilo Bambang Yudhoyono atau yang dikenal dengan sebuatan SBY merupakan mantan Presiden Republik Indonesia yang ke 6. Meminta terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus memerhatikan kesejahteraan para guru dan nasibnya. Ketika melakukan Tour De Java, rombongan SBY singgah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
SBY Tour De Java
Disana, SBY mendengarkan berbagai aspirasi dari rakyat. Salah satunya adalah dari Bambang Nursito, seorang pensiunan guru. Bambang menyampaikan jiki dirinya memberikan apresiasi terhadap SBY dan Ani Yudhoyono, yang hadir di rumah duka Ketua umum Persatuan Guru Republik Iindonesia, Dr Sulistiyo.
"Saya ingat dulu Bapak dan Ibu bersama para menteri datang dengan memakai baju PGRI. Membuat kami bangga, saling berbalas pantun dengan Pak Lis. Mohon maaf, tapi Pak Jokowi dua kali kita sudah Hari Guru tapi tidak datang. Saya maklum mungkin beliau ada banyak kesibukan," ujar Bambang di RM Dua Kelinci, Pati, Rabu (16/3/2016) dilansir detik.com.
Mendengar curhatan dari Bambang, SBY juga tersenyum. Dirinya mengaku jika sangat terpukul atas kepergian Sulistiyo. Apalagi, almarhum dan keluarganya adalah sahabat dari SBY dan Ibu Ani.
SBY menyebutkan jika sebenarnya Ia memiliki visi dan misi sama dengan Sulistiyo. Jika almarhum Sulistiyo datang dengan membawa sebuah wacana guna memperbaiki kesejahteraan guru disaat SBY masih presiden. Separuhnya memang sedangdikerjakan oleh pemerintah, 2/3-nya masih dalam pengkajian, sementara 1/2-nya masih akan dipertimbangkan.
"Saya menyadari bahwa Kalau Indonesia mau maju, manusianya harus maju. Kalau manusia harus maju, pendidikan harus maju. Kalau pendidikan harus maju maka para guru termasuk dosen dan guru besar, harus maju, berkemampuan dan makin sejahtera. Itu hukumnya jelas," ujar SBY.
SBY juga meminta kepada Kabinet Kerja saat ini, supaya program yang bagus untuk guru harus tetap dipertahankan. Terdapat beberapa jenis program yang dianggap menjadi program unggulan oleh SBY, salah satunya adalah pengangkatan satu juta tenaga guru honorer.

Selain itu, SBY pun mempunyai pesan lainnya yaitu jika pemerintah belum bisa memenuhi semua permintaan guru. Hal itu harus dijelaskan secara langsung, sehingga tak ada lagi kesalahan pemahaman. SBY meyakini apabila segala permasalahan pasti dapat dihadapi oleh Presiden Jokowi beserta jajarannya.

Artikel Terkait

Inilah Pesan SBY Untuk Jokowi Agar Terus Memerhatikan Kesejahteraan Guru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...