PAUD dan Dikmas, Ujung Tombak dalam Merubah Pola Pendidikan

loading...
loading...
Nadi Guru – PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini dan Dikmas atau Pendidikan Masyarakat merupakan ujung tombak dalam merubah pola pendidikan. Anies Baswedan, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mengatakan bahwa tuntutan perubahan terhadap pola pikir masyarakat. Hal itu bisa diartikan akan memberikan tuntutan terhadap perubahan pola pendidikan.
PAUD dan Dikmas, Ujung Tombak dalam Merubah Pola Pendidikan
Menurut Anies, jika keberhasilan suatu proses pendidikan dalam “Education for Sustainable Development (ESD)” atau pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan. Tak dapat dilaksanakan melalui pola pendidikan yang masih kolot.
"Karena dalam ESD kita harus mengarahkan masyarakat agar mampu mengintegrasikan dimensi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Serta kita juga harus membantu pesertadidik utuk memahami keterikatan di antara ketiga dimensi tersebut," kata Anies, dilansir pikiran-rakyat.com.

Anies menambahkan, jika pendekatan pendidikan melalui metode ESD merupakan ujung tombak dalam mentransformasi siswa menuju ke arah suatuperubahan yang lebih baik lagi. Salah satu pendidikan dalam pembangunan berkelanjutan yang telah berhasil dilaksanakan oleh jayagiri center.

Yaitu sebuah lembaga yang merupakan suatu program Pusat Pengembangan PAUD, PP-PAUDNI (Pendidikan Nonformal dan Informal) Regional 1 Bandung, Jawa Barat, itu telah mendapatkan penghargaan UNESCO-Japan Prize, akhir 2015 lalu. Penghargaan yang diberikan itu dikarenakan telah berhasil dalam mengembangkan ESD.
loading...

Artikel Terkait

PAUD dan Dikmas, Ujung Tombak dalam Merubah Pola Pendidikan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!