Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Nadi Guru – Globalisasi, istilahnya diambil dari kata ‘globalize’. Istilah ini pertama kalinya digunakan sebagai kata benda dalam sebuah tulisan berjudul “Towards New Education”. Kata globalisasi disini menunjukkan pandangan pengalaman manusia secara menyeluruh di bidang pendidikan.
Pengertian globalisasi
Selain itu, menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Adapun beberapa pengertian tentang globalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :
1. Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses untuk menjadikan benda atau perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri dan setiap individu dalam dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.
2. Selo Soemardjan
Globalisasi adalah sebuah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada diseluruh dunia. Adapun tujuan globalisasi untuk mengikuti kaidah-kaidah dan sistem tertentu seperti PBB dan OKI.
3. Emanuel Ritcher
Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan dalam menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan tertutup dalam saling kebergantungan dan adanya persatuan dunia.
4. Thomas L. Friedman
Globalisasi mempunyai dimensi teknologi dan ideologi. Dalam dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia, dan Dimensi Ideologi berupa pasar bebas dan kapitalisme.
5. Malcom Waters.
Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang memiliki akibat karena pembatasan geografisa pada kondisi sosial budaya sudah tidak atau kurang penting lagi dan tidak menjadi dalam kesadaran orang.
6. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Globalisasi adalah suatu proses yang mencakup kasus, penyebab dan konsekuensi dari perpaduan transkultural dan transnasional pada kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh mesin.
7. Princeton N. Lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang cepat atas keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan.
8. Anthony Giddens
Globalisasi adalah intensifikasi hubungan masyarakat di seluruh dunia yang mengaitkan seluruh daerah sehingga kejadian lokal dapat terbentuk dari peristiwa yang terjadi bermil-mil jaraknya dan sebaliknya.
9. Martin Albrow
Globalisasi adalah seluruh proses dimana penduduk dunia akan terhubung dalam sebuah komunitas global dan dunia tunggal.
10. Scholte
Globalisasi adalah suatu proses meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan identitas kenegarannya, namun tetap bergantung pada antara satu dengan yang lainnya.
11. Laurence E Rothenberg
Globalisasi adalah sebuah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan perpaduan antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari negara yang berbeda.
12. Roland Robertson, dosen sosiologi Universitas Aberdeen
Globalisasi adalah pemadatan dunia dan pemerkayaan kesadaran dunia secara keseluruhan.
13. Sosiolog Martin Albrow dan Elizabeth King
Globalisasi adalah semua proses yang menyatukan penduduk dunia menjadi satu masyarakat dunia yang tunggal.
14. John Huckle
Globalisasi adalah suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.
15. Di The Consequences of Modernity, Anthony Giddens
Globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial dunia yang menghubungkan tempat-tempat jauh sehingga peristiwa di suatu tempat dapat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi di tempat lain sekian kilometer jauhnya dan sebaliknya.
16. Dalam buku The Race to the Top: The Real Story of Globalization, jurnalis Swedia Thomas Larsson
Globalisasi adalah proses penyusutan dunia sehingga jarak semakin pendek dan segala hal terasa semakin dekat. Globalisasi mengacu pada semakin mudahnya interaksi antara seseorang di satu tempat dengan orang lain di belahan dunia yang lain.

Sumber bacaan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi
http://informasiana.com/pengertian-globalisasi-menurut-para-ahli/#

Artikel Terkait

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...