Peran Guru Di Era Teknologi

Nadi Guru - Canggihnya teknologi di era modern memudahkan masyarakat untuk mencari berbagai informasi, termasuk mencari bahan ajar bagi peserta didik. Namun, kecanggihan teknologi tak akan mampu menggeser peran guru dalam menjalankan proses pembelajaran. Pasalnya, guru berperan bukan hanya berkenaan dengan ilmu pengetahuan yang ditransfer kepada peserta didik (pengajar). Melainkan berperan penting dalam menciptakan karakter positif peserta didik (pendidik).
Peran Guru Di Era Teknologi

Anggapan negatif, seringkali dilontarkan kepada guru karena tidak mampu mengantarkan peserta didik memahami semua materi pelajaran. Guru tersebut seakan dicap sebagai guru yang tidak berkualitas. Hal itu bukanlah rahasia umum lagi, karena patokan yang seringkali digunakan untuk melihat berhasil atau tidaknya proses pendidikan adalah nilai kognitif yang diraih oleh peserta didik.
Padahal di sisi lain, guru tersebut telah berhasil mendidik peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia. Karakter positif telah melekat pada diri peserta didik, seperti halnya sopan santun dan kejujuran. Karakter itulah yang justru memiliki pengaruh besar dalam meraih masa depannya.
Walaupun di era teknologi serba canggih yang telah memudahkan bagi peserta didik dalam mendapatkan berbagai pengetahuan. Hal itu tidak akan mampu menggeser peran guru sebagai pengajar maupun pendidik. Alasannya, karena jika peserta didik belajar bersama guru terdapat sebuah interaksi. Sementara belajar dengan hanya memanfaatkan teknologi (internet) interaksi itu tidak ada.
Ketika dalam proses pembelajaran, ditemukan ada peserta didik yang belum memahami materi yang diajarkan. Guru akan memberikan pendampingan seperti halnya belajar tambahan. Selain itu, jika ada perilaku peserta didik yang menyimpang baik dalam ucapan maupun perbuatannya. Guru pun akan langsung memberikan nasehat dan pengertian, jika perilaku itu tidak baik.
Beda halnya dengan teknologi, pengetahuan yang positif maupun negatif bisa diserap oleh peserta didik tanpa adanya penyaringan. Bahayanya, jika kebanyakan dari pengetahuan yang diserapnya adalah yang negatif. Dampaknya sangat besar yang bisa memengaruhi dalam hal melakukan perilaku-perilaku yang menyimpang.
Dengan begitu, meskipun orangtuanya mampu memberikan teknologi dengan fasilitas tercanggih sekalipun sehingga anaknya leluasa mengakses berbagai informasi. Jangan pernah merendahkan atau tak menghargai peran guru. Karena semua itu, tak akan pernah menggantikan peran penting dari seorang guru yang bertugas sebagai pengajar dan juga sebagai pendidik.

Artikel Terkait

Peran Guru Di Era Teknologi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...