Satu Tahun Eksistensi Forum Gumeulis

loading...
loading...
Nadi Guru - Pada tanggal 26 Februari 2016 lalu, Forum Gumeulis (Guru Menulis) telah merayakan ulang tahunnya yang pertama. Gumeulis adalah sebuah forum diskusi bagi guru-guru untuk belajar menulis. Baik menulis di surat kabar maupun menulis karya tulis lainnya. Meskipun usianya baru satu tahun, tetapi eksistensinya telah diakui oleh masyarakat khususnya dari kalangan guru.

Ulang Tahun Guru Menulis
Potong Tumpeng di Ultah Forum Gumeulis oleh Pa Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya
Kebahagiaan yang tak terkira dan menjadi suatu kebanggaan bagi anggota Forum Gumeulis. Dimana perayaan ulang tahunnya bisa dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, pemerhati bidang sosial dan politik, serta pemimpin redaksi Kabar Priangan. Itu artinya, keberadaan Forum Gumeulis tidak dipandang sebelah mata dan mendapatkan apresiasi positif dari mereka.

Ulang Tahun Guru Menulis
Jabatan erat antara Pemred HU Kabar Priangan dan Pa Kadis Pendidikan 
Penulis menyadari, jika keberadaan Forum Gumeulis memiliki banyak manfaat karena bisa saling berbagi pengetahuan diantara anggotanya. Tak ada istilah senior dan junior dari forum tersebut yang bisa membatasi hubungan keharmonisan. Justru sebaliknya, orang yang telah berpengalaman dalam hal tulis menulis selalu memberikan motivasi agar tetap berkarya terhadap orang yang baru belajar untuk memulainya.
Hingga saat ini, semua anggota yang tergabung dalam Forum Gumeulis sifatnya sukarelawan. Maksudnya, bagi siapapun (guru) yang suka dan rela untuk bersedia menjadi anggota bisa langsung bergabung. Syaratnya sangat mudah yaitu ada kemauan untuk menyempatkan waktu belajar bersama dan berusaha untuk menghasilkan karya.
Saat ini, sekitar seratus karya ilmiah populer yang dibuat oleh anggota Forum Gumeulis telah berhasil dipublikasikan di surat kabar yang terbesar dan berpengaruh di Priangan Timur yaitu Kabar Priangan. Semua itu bisa terwujud karena adanya komitmen yang kuat dari para anggotanya. Dan apabila ada salah satu anggota yang mengalami kesulitan dalam menulis, anggota yang lainnya pun siap membantu dengan memberikan saran dan motivasi agar tetap semangat dan tak pantang menyerah.
Mudah-mudahan saja, di usianya yang telah menginjak satu tahun tersebut. Forum Gumeulis bisa tetap eksis selamanya, hingga ke depan tak ada lagi guru yang masih kesulitan dalam menulis. Pasalnya, menulis bagi guru bukan hanya kewajiban yang harus dipenuhi agar bisa naik pangkat atau golongan. Melainkan lebih dari itu, menulis harus dijadikan oleh guru sebagai kebutuhan dalam mengamalkan ilmunya ke masyarakat luas.

Selamat ulang tahun Forum Gumeulis! Semoga tetap semangat dalam menyebarkan virus-virus literasi. 

NB : Sesuai pemotongan tumpeng, Guru menulis yang bekerjasama dengan H.U. Kabar Priangan, langsung mengadakan 'Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Populer dan PTK'. Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut. 

Diklat menulis
Acara Pembukaan Diklat Menulis

Diklat menulis
Pak Caswita dan Pak Ilam Maolani saat memberikan Materi

Diklat menulis
Para Peserta Diklat Menulis 

Diklat menulis
Para Penerima Tamu yang Gumeulis

Nah, bagi ibu dan bapak guru yang mau bergabung bersama Gumeulis, silahkan! Forum kami terbuka untuk itu semua!
loading...

Artikel Terkait

Satu Tahun Eksistensi Forum Gumeulis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!