Tumbuhkan Kreativitas Anak di Rumah dan Sekolah

loading...
loading...
Nadi Guru – Dikatakan oleh Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) jika kreativitas  adalah hal yang perlu ditumbuhk ditumbuhkan dan bukan dibentuk pemerintah. Rumah dan sekolah haru menjadi tempat penting dalam penumbuhan dan pengembangan kreativitas anak.
kreativitas anak
Ilustrasi kreativitas Anak
Menurutnya, rumah dan sekolah menjadi ruang yang menentukan. Guru dan juga orangtua, memiliki peranan yang penting untuk menumbuhkan mengembangkan kreativitas anak tersebut. Anies menyarankan jika pendidikan di sekolah bukan hanya intrakurikuler saja. Namun yang berkenaan dengan ekstrakurikuler dan aktivitas nonkurikuler.
Anies pun mengakuinya jika selama ini pendidikan itu lebih menekankan terhadap produktivitas, bukan kreativitas. Dampaknya adalah dalam sisi kebudayaan di sekolah mendapatkan bagian yang sedikit. Padahal menurut Anies, jika kita dorong kreativitasnya maka tak terbatas.
Johan na Brismar Skoog selaku Duta Besar Swedia untuk Indonesia mengatakan bahwa budaya di Indonesia sangat menakjubkan dan beragam. Banyak yang tidak dimiliki negara lain. Bahkan, Swedia sendiri sudah memiliki UU Kebebasan Pers sejak tahun 1766. Kemudian memberi ruang kepada kreativitas untuk ditumbuh kembangkan.
Menurut Johan, jika kreativitas yang bisa membuat Swedia mampu untuk berinovasi dalam berbagai bidang. Misalnya saja dalam sektor komunikasi terdapat perusahaan asal Swedia yang menempati urutan atas seperti halnya adalah Ericsson. Sementara dalam perusahaan otomotif yaitu Scania.
Dalam Konvensi UNESCO terkait dengan Perlindungan dan Promosi Keanekaragaman Ekspresi Budaya 2005 sudahdiratifikasi oleh 142 negara, termasuk Indonesia. Dikatakan oleh Anies jika pemerintah selalu memastikan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) ikut berpartisipasi, memiliki akses, dan menikmati keragaman ekspresi budaya.

Sumber : epaper.republika.co.id (2/3/2016)
loading...

Artikel Terkait

Tumbuhkan Kreativitas Anak di Rumah dan Sekolah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!