#3 Masalah Seorang Guru Bisa Diberhentikan Secara “Tidak Hormat” Dari Jabatannya

loading...
loading...
Nadi Guru – Dew@sa ini, menjadi guru (guru pegawai negeri sipil) tidaklah mudah. Butuh penjuangan dan kesabaran yang sangat panjang. Apalagi, jika selama pemerintahan Jokowi-JK, pengangkatan bagi guru terkena moratorium seperti pada instansi lainnya.
#3 Masalah Seorang Guru Bisa Diberhentikan Secara “Tidak Hormat” Dari Jabatannya
Sungguh berbahagia bagi orang-orang yang telah menyandang “Guru PNS”. Tentunya, kebahagiaan itu harus dirawat secara terus-menerus. Agar tidak menyesal di kemudian hari.
Pasalnya, terdapat beberapa poin penting jika guru sebenarnya bisa diberhentikan secara “tidak hormat” dari jabatannya tersebut. Ketiga poin penting itu adalah sebagai berikut.
1. Melanggar sumpah dan janji jabatan
Semenjak guru itu diangkat menjadi PNS, guru diharuskan untuk mengucapkan sumpah dan janji atas jabatan yang diembannya. Sumpah dan janji itu bukan hanya ucapan semata. Namun, harus ditepati dengan menjalankan sebaik-baiknya. Sebenarnya, ucapan janji itu tidak sebatas hanya dengan manusia saja, melainkan lebih dari itu yaitu bersumpah dan berjanji kepada Alloh SWT.
Secara jelas, jika hubungannya dengan Alloh SWT, maka balasannya nanti adalah di akhirat. Sementara, dengan manusia sendiri. Dalam hal ini dengan pejabat dalam sebuah instansi yang menaunginya, maka Ia akan mendapatkan hukuman yaitu dengan diberhentikan tidak hormat.

2. Melanggar perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama
Sebuah perjanjian atau kesepakatan kerja, pastinya dibuat secara sadar oleh semuanya yang terlibat. Tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun. Jika pihak yang bersangkutan melanggar, maka bisa jadi diberhentikan secara tidak hormat.

3. Melalaikan kewajiban dalam menjalankan tugas selama 1 (satu) bulan atau lebih secara terus-menerus
Untuk masalah yang terakhir adalah dalam hal kewajiban. Apabila terdapat guru yang melalaikan tugasnya selama satu bulan penuh atau lebih secara terus menerus. Maka bersiap-siaplah karena bisa diberhentikan dari jabatannya.

Mungkin itulah spintas tentang 3 Masalah Seorang Guru Bisa Diberhentikan Secara “Tidak Hormat” Dari Jabatannya. Semoga, tak ada satu pun guru kita yang diberhentikan dari jabatannya dikarenakan melakukan ketiga masalah tersebut.
loading...

Artikel Terkait

#3 Masalah Seorang Guru Bisa Diberhentikan Secara “Tidak Hormat” Dari Jabatannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!