#5 Cara Agar Guru Tampil Maksimal Dalam Mengajar

loading...
loading...
Nadi Guru – Seorang guru memiliki tugas dua utama yang penting, yaitu mengajar dan mendidik. Semua itu adalah untuk mengantarkan anak didiknya menuju siswa yang berprestasi dan berakhlak.
#5 Cara Agar Guru Tampil Maksimal Dalam Mengajar
Berkaitan dengan mengajar, terdapat 5 strategi seperti dilansir Viva.co.id.

1. Saintis
Guru merupakan seorang ilmuan di bidangnya. Sebagai seorang ilmuan, guru harus menguasai seluk beluk ilmu, didaktik, dan juga metodik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkannya. Sebagai seorang saintis, guru itu tidak boleh merasa ragu-ragu dalam menyampaikan suatu materi ajar kepada anak didiknya. Hal ini menjadi sebuah strategi penting untuk dipahami.

2. Pragmatis
Pragmatis merupakan sebuah cara seseorang dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Dalam hal ini, pragmatis diartikan sebagai makna bijaksana dan teliti. Menyampaikan materi pelajaran tidak membuat siswa merasa tersinggung atau terhina. Contohnya saja di dalam ruangan kelas terdapat siswa yang mempunyai kekurangan fisik. Dengan begitu, guru harus memilih dan memilah kata dalam menyampaikan materi ajar tersebut.

3. Humoris
Guru memanglah bukan pelawak. Akan tetapi, bukan berarti jika dalam kegiatan mengajar tidak memiliki unsur humor. Selama dalam proses pembelajaran, guru bisa menyajikan pelajaran dengan diselingi oleh humor dan lelucon. Tujuannya yaitu untuk menjadikan suasana belajar siswa tidak terlalu monoton dan juga kaku.

4. Strategis
Posisi guru merupakan sebuah posisi yang strategis dalam melaksanakan pembelajaran di ruang kelas. Dengan begitu, peran strategis ini memungkinkan guru untuk kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Artinya, suasana pembelajaran terkendali dengan baik dan hasil belajarnya bisa diperoleh secara maksimal.

5. Praktis
Praktis itu mudah yaitu sebuah prinsip kemudahan dalam mengajar dan hal itu sangat diperlukan. Ungkapannya, apabila terdapat cara yang lebih mudah kenapa cari cara yang rumit.

Demikianlah, 5 cara agar guru tampil maksimal dalam mengajar. Semoga bermanfaat!
loading...

Artikel Terkait

#5 Cara Agar Guru Tampil Maksimal Dalam Mengajar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!